Irwan Febri Rialdi
Ramadhan Sananta dan Asnawi Mangkualam. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Berikut hasil FIFA Matchday negara-negara ASEAN per Sabtu (14/10) siang WIB, di mana Timnas Indonesia pesta gol dan rivalnya, Vietnam serta Thailand, digulung oleh lawan-lawannya.

Saat ini sepak bola internasional tengah memasuki FIFA Matchday Oktober 2023. Pada agenda kali ini, setiap negara tak hanya beruji tanding seperti biasanya, melainkan juga melakoni pertandingan resmi.

Sebagai contoh adalah Timnas Indonesia. Tim besutan Shin Tae-yong ini harus melakoni putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di FIFA Matchday Oktober 2023.

Di ajang tersebut, Timnas Indonesia bersua dengan Brunei Darussalam dalam format dua leg. Di leg pertama yang digelar di Tanah Air, Kamis (12/10), skuad Garuda berhasil pesta gol atas lawannya.

Timnas Indonesia berhasil menang di leg pertama dengan skor 6-0 atas Brunei lewat Hattrick Dimas Drajad, dua gol dari Ramadhan Sananta, dan satu gol dari Rizky Ridho.

Di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, ada pula negara ASEAN lainnya yang bertanding seperti Singapura, Myanmar, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Di leg pertama, Kamis (12/10), Singapura berhasil menang 2-1 atas Guam. Lalu Myanmar berhasil menggulung Makau 5-1, dan Kamboja bermain imbang 0-0 kontra Pakistan.

Sedangkan Laos mampu menahan imbang Nepal dengan skor 1-1 dan Timor Leste harus menelan kekalahan telak 0-4 dari Chinese Taipei.

Selain tujuh negara ASEAN yang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026, beberapa negara ASEAN lainnya justru memanfaatkan FIFA Matchday untuk beruji tanding atau menggelar turnamen.

Sebagai contoh adalah Vietnam dan Thailand yang memilih melakoni laga persahabatan kontra negara yang punya ranking tinggi seperti Uzbekistan dan Georgia.

Vietnam yang bertanding melawan Uzbekistan, Jumat (13/10), harus menelan kekalahan di kandangnya sendiri dengan skor 0-2.

Nasib apes justru diterima Thailand yang bertarung melawan Georgia, Kamis (12/10). Di laga tersebut, tim Gajah Perang harus menelan kekalahan skor telak 0-8.

Bagaimana dengan Malaysia? Berbeda dari negara-negara ASEAN lainnya, tim berjuluk Harimau Malaya memanfaatkan FIFA Matchday Oktober 2023 untuk menggelar turnamen yakni Turnamen Merdeka.

Di Turnamen Merdeka 2023 ini, Malaysia sendiri baru saja bertarung melawan India, Jumat (13/10). Tak disangka, tim besutan Kim Pan-gon ini berhasil menang 4-2 atas lawannya itu dan melaju ke final.

Sedangkan Filipina sendiri belum melakoni FIFA Matchday Oktober 2023 dan baru akan bertanding pada keesokan harinya, Minggu (15/10), kontra Kirgizstan.

Berikut rekap hasil FIFA Matchday Oktober 2023 negara-negara ASEAN per Sabtu (14/10) siang WIB.

Kamis (12/10):

Indonesia 6-0 Brunei Darussalam
Singapura 2-1 Guam
Myanmar 5-1 Makau
Kamboja 0-0 Pakistan
Chinese Taipei 4-0 Timor Leste
Nepal 1-1 Laos
Georgia 8-0 Thailand

Jumat (13/10):

Vietnam 0-2 Uzbekistan
Malaysia 4-2 India.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More