Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia vs Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Melihat lawan-lawan Timnas Indonesia di fase grup putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana lawan-lawan yang akan dihadapi adalah lawan di babak grup Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia telah menjejakkan satu kakinya ke putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai menang atas Brunei Darussalam di putaran pertama (R1), Kamis (12/10) malam WIB.

Pada pertandingan leg pertama kontra Brunei itu, skuad besutan Shin Tae-yong ini berhasil menang besar dengan skor 6-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Pesta gol Timnas Indonesia sudah dibuka di menit ke-6 kala Dimas Drajad membuka papan skor lewat Tap In-nya di menit ke-7.

Lima menit berselang, Rizky Ridho mampu menggandakan keunggulan Timnas Indonesia lewat sontekannya memanfaatkan sepak pojok dari Saddil Ramdani.

Usai menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-0, Timnas Indonesia kembali membombardir gawang Brunei di paruh kedua yang dibuka lewat penalti Ramadhan Sananta di menit ke-63.

Empat menit kemudian Ramadhan Sananta mencetak gol keduanya dengan tandukan memanfaatkan bola Rebound.

Seakan belum puas, Timnas Indonesia menambah dua gol lagi lewat Dimas Drajad di menit ke-72 dan menit ke-90+2 yang menegaskan kemenangan 6-0 atas Brunei.

Kemenangan 6-0 di leg pertama ini membuat langkah Timnas Indonesia ke putaran kedua (R2) terbuka lebar. Skuad Garuda hanya butuh hasil imbang saja di leg kedua di Brunei, Selasa (17/10).

Sebagaimana hasil Drawing yang digelar pada 27 Juli 2023 lalu, jika bisa menang atas Brunei dalam pertandingan dua leg itu, Timnas Indonesia akan tergabung di grup F.

Di grup F ini, Timnas Indonesia akan bersua dengan tiga negara. Adapun dua dari tiga negara itu adalah lawan-lawannya di fase grup Piala Asia 2023 kelak.

Tiga negara itu antara lain Irak, Vietnam, dan Filipina. Dua negara pertama sendiri juga akan menjadi lawan Timnas Indonesia di grup D Piala Asia 2023 pada Januari 2024 mendatang.

Alhasil, laga di grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan grup D Piala Asia 2023 mendatang akan membuat Timnas Indonesia, Irak, dan Vietnam akan sering bertemu untuk setahun ke depan.

Berikut jadwal putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dari grup F jika Timnas Indonesia berhasil menyingkirkan Brunei Darussalam di putaran pertama (R1).

16 November 2023:

Irak vs Timnas Indonesia
Filipina vs Vietnam

21 November 2023:

Timnas Indonesia vs Filipina
Vietnam vs Irak

21 Maret 2024:

Timnas Indonesia vs Vietnam
Irak vs Filipina

26 Maret 2024:

Vietnam vs Timnas Indonesia
Filipina vs Irak

6 Juni 2024:

Timnas Indonesia vs Irak
Vietnam vs Filipina

11 Juni 2024:

Irak vs Vietnam
Filipina vs Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More