Irwan Febri Rialdi
Kirgistan vs Filipina. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Negara peringkat 96 dunia, Timnas Kirgistan, dilaporkan bakal mengikuti Piala AFF 2024. Kabar ini heboh setelah diunggah oleh akun Instagram, @theaseanfootball.

Dalam unggahan tersebut, dijelaskan kalau Kirgistan akan turut berpartisipasi di ajang bergengsi Asia Tenggara ini.

"Presiden Federasi Sepak Bola Asean (AFF), Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN Samet Khiev dan Sekretaris Jenderal Winston Lee mengunjungi dan bekerja dengan Federasi Sepak Bola Kyrgyzstan KYT," bunyi pernyataan di akun @theaseanfootball.

"Dalam pertemuan di atas, kedua belah pihak mencapai kesepakatan kerja sama. Salah satunya termasuk keikutsertaan timnas Republik Kyrgyzstan pada turnamen yang diselenggarakan oleh AFF mulai tahun depan," tutup pernyataan pada keterangan foto yang diunggah.

Tentunya hal ini memang membawa dampak positif untuk persaingan tim di Asia Tenggara. Sebelumnya, Piala AFF hanya diikuti oleh 11 negara saja.

Masuknya Kirgistan ini akan menambah persaingan di Piala AFF tahun depan. Timnas Indonesia pun kini juga mendapatkan pesaing kuat untuk Piala AFF tahun depan.

Kirgistan juga termasuk sebagai salah satu tim kuat di Asia, saat ini mereka menduduki peringkat ke-96 FIFA. Lantas, seperti apa sepak terjang dari Timnas Kirgistan?

Profil Timnas Kirgistan

Sebagai salah satu negara pecahan Uni Soviet, Kirgistan resmi memiliki tim nasional sepak bola sendiri pada 1991 bersamaan saat mereka mendapatkan kemerdekaannya.

Meski terbilang negara baru, Kirgistan nyatanya mampu berkembang dan menjadi salah satu negara dengan progres sepak bola paling pesat.

Kirgistan sendiri baru masuk menjadi anggota AFC pada 1994. Namun, mereka baru sukses mentas di Piala Asia pada 2019 di Uni Emirat Arab.

Pada keikutsertaan pertama mereka di Piala Asia pada 2019, Timnas Kirgistan terhenti di babak 16 besar usai dikalahkan tuan rumah Uni Emirat Arab.

Di luar Piala Asia, Kirgistan cukup punya prestasi impresif. Di antaranya menduduki peringkat ketiga AFC Challenge Cup pada 2006.

Mereka juga sempat menduduki peringkat keempat di keikutsertaan pertamanya pada ajang CAFA Nations Cup 2023.

Timnas Kirgistan sendiri berhasil lolos ke Piala Asia 2023. Sama seperti Timnas Indonesia, mereka lolos ke putaran final lewat jalur runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat ini, Timnas Kirgistan dilatih oleh Stefan Tarkovic. Sosok asal Slovakia tersebut punya pengalaman mumpuni sebagai pelatih karena pernah menangani Timnas Slovakia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More