Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang pertandingan menghadapi Malaysia di ajang Piala AFF U-23, Kamis (17/08/2023). (ANTARA/HO-PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan pujian untuk penampilan Shayne Pattynama. Pratama Arhan pun wajib bekerja keras jika tak ingin posisinya tergeser.

Shayne Pattynama menunjukkan performa yang cukup bagus meski tidak cetak gol saat Timnas Indonesia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (13/10/2023) malam. Ia membantu skuad Garuda menang dengan skor 6-0.

Shayne Pattynama turun sebagai pengganti di laga ini. Ia masuk pada menit ke-73 menggantikan Pratama Arhan.

Penampilan pemain Viking FK itu kini dinilai cukup bagus daripada saat debut melawan Argentina. Ketika itu, Shayne tampil sebagai starter, namun tidak memuaskan hingga diganti oleh Pratama Arhan di babak kedua.

Kini, adaptasi Shayne Pattynama dianggap Shin Tae-yong cukup bagus. Juru formasi asal Korea Selatan itu mengatakan ada saatnya pemain bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya, begitu juga sebaliknya.

“Memang dari para wartawan pastinya akan membicarakan apa yang terlihat, tetapi saya sebagai pelatih kepala tidak hanya melihat sekali pemain seperti apa,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

“Karena setiap pertandingan kan pasti tidak 100 persen, kadang bisa bermain baik, kadang tidak. Kalau kali ini tidak baik, mungkin selanjutnya bisa baik."

“Shayne memang saat lawan Argentina kurang baik performanya, ada cedera sedikit di betis. Tetapi kita lihat Shayne pun baik dan dia ingin sekali untuk bermain dan akhirnya dimainkan,” ucapnya.

Situasi ini tentu membuat Pratama Arhan harus waspada. Jika tidak terus berkembang, posisi pemain Tokyo Verdy itu bisa tergantikan.

"Untuk kali ini, dia memang sudah adaptasi waktu dan cuaca juga. Serta saya sengaja memberikan latihan supaya tidak terlalu lelah, sehingga bisa bermain dengan baik," pungkasnya.

Timnas Indonesia akan kembali melawan Brunei Darussalam pada 17 Oktober 2023. Bukan tidak mungkin, di laga itu, Shin Tae-yong lebih memilih memainkan Shayne Pattynama ketimbang Pratama Arhan sebagai starter.

Load More