Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi Dimas Drajad usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berhasil membantai Brunei Darussalam dengan skor 6-0 dalam laga play-off Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (12/10/2023). Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, di mana Dimas Drajad mencetak hattrick.

Hasil ini tentu memudahkan langkah Timnas Indonesia untuk leg kedua nanti di mana skuad Garuda akan bertandang ke Brunei Darussalam pada 17 Oktober 2023.

Andai bisa mengalahkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia akan melangkah ke babak dua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia sudah dinanti oleh Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F.

Jalannya pertandingan

Pesepak bola timnas Indonesia Elkan Baggot (kedua kanan) berusaha menyundul bola yang dihadangan pesepak bola timnas Brunei dalam pertandingan leg 1 kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.

Timnas Indonesia sudah menekan pertahanan Brunei Darussalam sejak laga dimulai. Kiper Brunei dibuat ketar ketir karena tekanan yang dilancarkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Timnas Indonesia sudah mencetak gol ketika pertandingan masuk menit ketujuh. Sundulan Hokky Caraka yang membuat bola mengenai mistar gawang diteruskan oleh Dimas Drajad. Skor 1-0 untuk Indonesia!

Tidak butuh waktu lama bagi Timnas Indonesia menggandakan keunggulan. Rizky Ridho mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-12 usai menerima umpan Saddil Ramdani. Skor 2-0 untuk Garuda!

Pesepak bola timnas Indonesia Hokky Caraka (kiri) berebut bola dengan penjaga gawang timnas Brunei Muhammad Haimie (kanan) dalam pertandingan leg 1 kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

Belum puas sudah mencetak dua gol, Timnas Indonesia masih menekan pertahanan Brunei Darussalam. Kelihatan sekali semangat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan untuk mencetak banyak gol di laga ini.

Sedangkan Brunei Darussalam tidak banyak punya peluang di babak pertama ini. Mereka sibuk bertahan yang membuat sulit menyerang gawang Timnas Indonesia.

Masuk menit ke-30, Timnas Indonesia belum juga mencetak gol lagi. Padahal, skuad Garuda banyak melakukan tekanan.

Tidak ada gol tambahan sampai peluit turun minum. Timnas Indonesia sementara unggul 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Timnas Indonesia masih belum mengendurkan serangan. Bahkan, skuad Garuda semakin agresif menekan pertahanan Brunei Darussalam.

Serangan bertubi-tubi Timnas Indonesia berbuah hadiah penalti pada menit ke-60 usai Sandy Walsh dijatuhkan di kotak terlarang. Ramadhan Sananta yang dipercaya sebagai algojo sukses mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Tidak butuh waktu lama untuk Ramadhan Sananta mencetak brace. Lima menit berikutnya, pemain Persis Solo itu kembali vetak gol usai memanfaatkan antisipasi kurang sempurna bola dari kiper Brunei. Skor 4-0!

Timnas Indonesia mencetak gol kelimanya pada menit ke-72. Umpan berkelas Saddil Ramdani, langsung ditanduk ke dalam gawang oleh Dimas Drajad. Skor kini menjadi 5-0!

Brunei Darussalam hampir tidak ada celah untuk melakukan serangan. Sebab, pertahanan mereka terus-terusan digempur oleh Ramadhan Sananta dan kawan-kawan.

Jelang pertandingan selesai, Dimas Drajad mencetak hattrick untuk Timnas Indonesia. Tak terkawal, mudah bagi sang pemain bobol gawang Brunei pada menit ke-90+2.

Meski serangan terus dibangun, Timnas Indonesia tak bisa menambah keunggulan sampai peluit tanda akhirnya dibunyikan. Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam.

Susunan pemain Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Timnas Indonesia (4-2-4): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Sandy Walsh; Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Hokky Caraka, Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Brunei Darussalam (4-5-1): Muhammad Haime Nyaring; Abdul Mu'iz, Muhammad Nazhan Zulkifli, Muhammad Hanif Amir, Yura Indera Putra; Hendra Azam, Hariz Dainal, Naziruddin Ismail, Hafiz Kasyful, Hakeme Yazid; Khairil Shahme.

Pelatih: Mario Rivera (Spanyol).

Load More