Irwan Febri Rialdi
Timnas Futsal Indonesia usai kalah 2-3 dari Jepang di Piala Asia Futsal 2022. (Dok. FFI)

Bolatimes.com - Timnas Futsal Indonesia gagal lolos ke Piala Asia Futsal 2024 setelah menelan kekalahan dengan skor 2-3 melawan Arab Saudi dalam babak penyisihan Grup B di Green Hall, Arab Saudi, Rabu (11/10/2023).

Dalam babak pertama, ancaman pertama datang dari Samuel Eko pada menit pertama. Tendangan Eko dari sisi kiri hanya melambung tipis di atas gawang Arab Saudi.

Pada menit ke-3, Evan Soumilena mendapat peluang dari tendangan bebas, tetapi tembakannya masih bisa dihalau oleh kiper Arab Saudi.

Dalam babak pertama, Arab Saudi mencetak tiga gol (menit 16, 4', dan 18') melalui Fares Fahad, Moath Mohammad, dan Nawaf Mubarak. Skor berakhir 3-0 untuk Arab Saudi.

Di babak kedua, Indonesia akhirnya mencetak dua gol. Ardiansyah Runtubol mencetak gol pertama pada menit ke-24 dengan tendangan kaki kirinya yang tidak bisa dijangkau kiper Humood Abdullah.

Gol kedua untuk Indonesia terjadi pada menit ke-32 ketika Firman Ardiansyah melepaskan tendangan yang berhasil melewati kiper Mohammed Abdulmohsen setelah mendapatkan bola liar di depan gawang Arab Saudi.

Evan Soumilena memiliki peluang dengan tendangan keras pada menit ke-28, tetapi bola melebar dari sisi gawang Arab Saudi.

Arab Saudi juga mengancam melalui Moath Mohammad pada menit ke-28, namun gagal mencetak gol.

Namun, Samuel Eko mendapatkan kartu merah setelah melanggar Nasser Zayed pada menit ke-36.

Babak kedua berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Arab Saudi, dan hasil ini membuat Indonesia tidak lolos ke Piala Asia Futsal 2024 setelah hanya berada di posisi ketiga di klasemen Grup B.

Starting XI:

Timnas Arab Saudi: 1-Humood Abdullah; 4-Nawaf Mubarak, 8-Fahad Awadh, 13-Abdullah Mohammed, 14-Farhan Ali.

Cadangan: 2-Mohammed Abdulmohsen, 3-Nasser Zayed, 5-Abdulilah Mohammed, 6-Abdullaah Ali, 7-Fares Fahad, 9-Saleh Mari, 10-Moath Mohammad.

Pelatih: Andreu Plaza.

Timnas Indonesia: 3-Ahmad Habibie; 5-Dewa Rizki Amanda, 6-Samuel Eko, 9-Rio Pangestu, 12-Ardiansyah.

Cadangan:1-Muhammad Nizar, 13-Muhammad Albagir, 2-Al Fajri, 4-Mochammad Iqbal,8-Ardiansyah Nur, 10-Evan Soumilena, 11-Firman Ardiansyah, 14-Muhammad Fajrin.

Pelatih: Sayan Karmadi.

Load More