Irwan Febri Rialdi
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi. (Instagram/nandoariiiss)

Bolatimes.com - Kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi, menjadi pemain paling sibuk di Timnas Indonesia. Ia sudah membela Garuda di berbagai level usia dalam enam bulan terakhir.

Sibuknya Ernando memperkuat Timnas Indonesia dimulai pada Mei 2023 saat dipanggil Indra Sjafri untuk membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 Kamboja.

Ernando jadi salah satu pemain penting yang berhasil membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023. Medali itu sekaligus memutus puasa Timnas Indonesia di SEA Games sejak 1991.

Beranjak dari SEA Games 2023, Ernando Ari Sutaryadi dipanggil Shin Tae-yong memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.

Ernando kembali tidak tergantikan di dalam skuad Garuda Muda dan mampu membawa Indonesia ke final. Sayangnya, Timnas Indonesia U-23 harus kalah dari Vietnam di final lewat babak adu penalti.

Hanya berjarak sebentar, Ernando kembali dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023.

Pada pertandingan pertama melawan Palestina, Ernando memang tidak bermain. Tapi kiper berusia 21 tahun itu diturunkan STY saat Timnas Indonesia melawan Argentina.

Meski kalah dan kebobolan dua gol, penampilan Ernando Ari dinilai impresif dengan melakukan beberapa penyelamatan penting.

Setelah dari FIFA Matchday, Ernando Ari juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Ernando tak tergantikan di dua laga dan berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Tenaga Ernando Ari Sutaryadi nyatanya masih sangat dibutuhkan oleh Timnas Indonesia U-24 yang mentas di Asian Games 2022 China.

Di tim yang dilatih oleh Indra Sjafri itu, Ernando Ari bermain tiga kali. Sayangnya, langkah Timnas Indonesia U-24 harus terhenti di babak 16 besar usai disingkirkan Uzbekistan.

Setelah kembali ke klubnya Persebaya Surabaya, Ernando Ari langsung dipanggil lagi oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More