Irwan Febri Rialdi
Pelatih Rans Cilegon FC, Rahmad Darmawan. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan alias RD, mendukung keputusan Shin Tae-yong yang memanggil pemain berdasarkan kebutuhan tim dan skema permainan, bukan karena desakan netizen.

RD mengaku bakal melakukan hal yang sama jika ada di posisi Shin Tae-yong. Mantan juru taktik Persija Jakarta itu hanya akan memanggil pemain ke tim nasional sesuai kebutuhannya.

Adapun pemanggilan pemain ke tim nasional sering menjadi perdebatan netizen. Terbaru, ada nama Stefano Lilipaly yang tak dipanggil meski bermain bagus di kompetisi.

Bahkan, keputusan Shin Tae-yong sampai membuat bos Borneo FC Nabil Husein selaku klub Lilipaly turut berkomentar. Ia kritik keras pelatih asal Korea Selatan itu.

"Saya pikir ada banyak pemain yang punya potensi main di tim nasional. Tetapi setiap pelatih mempunyai pandangan yang berbeda," kata RD dalam konferensi pers, Jumat (7/10/2023).

"Dalam menentukan seorang pemain layak atau tidaknya dipanggil ke timnas. Buat saya itu adalah hal biasa," sambung lelaki yang pernah menukangi Persikabo 1973 tersebut.

"Kalau misal saya di timnas Indonesia, apa yang kadang menurut netizen harus dipanggil, tapi saya tidak panggil. Karena kebutuhan pelatih di timnas, pasti disesuaikan dengan skema yang dia buat," pungkasnya.

Terkini, Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam dalam play-off Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 12 dan 17 Oktober. Indonesia akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Untuk laga ini Shin Tae-yong memanggil 26 pemain. Adapun sembilan orang adalah abroad alias sedang berkarier di luar negeri.

Load More