Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Ramadhan Sananta usai menjebol gawang Jeonbuk Hyundai Motors. (Instaram/@persisofficial)

Bolatimes.com - Sebanyak tiga penyerang lokal secara perlahan berhasil menunjukkan tajinya di Liga 1 2023/2024 dengan berhasil memanaskan persaingan top skor sementara.

Sebagai perbandingan, dua pemain top skor sementara di Liga 1 musim ini adalah pemain asing. Gustavo Almeida dari Arema (11 gol) dan David da Silva dari Persib (8 gol).

Kendati tidak banyak, nyatanya masih ada pemain-pemain lokal yang mampu bersaing dengan penyerang-penyerang asing ini dengan produktivitas mereka.

Lantas, siapa saja pemain lokal paling produktif di Liga 1 2023/24 hingga pekan ke-14?

1. Mohammad Khanafi

Striker Persik Kediri, M. Khanafi. (Dok. LIB)

Di tengah gempuran penyerang asing, Mohammad Khanafi muncul sebagai salah satu penyerang lokal yang tengah tampil gacor di Liga 1 2023/24.

Penyerang milik Persik Kediri tersebut pun disebut-sebut layak dipanggil ke Timnas Indonesia. Bukan tanpa alasan, ia baru saja kembali mencetak brace di pekan ke-14 Liga 1.

Persik Kediri mengalahkan Bhayangkara FC 2-0 dalam laga di Stadion Brawijaya, Sabtu (30/9). Dua gol diborong Khanafi yang menunjukkan ketajamannya lewat sepakan kaki di kotak penalti.

Dengan tambahan dua golnya ke gawang Bhayangkara FC, Khanafi kini sudah mengoleksi 5 gol dari 10 pertandingan bersama Persik di Liga 1 2023/24. Torehannya sejauh ini bahkan lebih bagus dari pencapaiannya musim lalu yang mencetak 4 gol selama Liga 1 2022/23.

2. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta cetak gol tunggal kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Timor Leste. (Dok. PSSI)

Penyerang muda Timnas Indonesia ini masih mampu menunjukkan ketajamannya yang sudah terbukti sejak musim lalu. Di Liga 1 2023/24 Sananta bermain impresif buat Persis Solo.

Dari 10 pertandingan yang sudah dilewati, penyerang berusia 20 tahun itu mampu mencetak 5 gol. Torehan itu sebetulnya bisa saja lebih jika Sananta tidak dipanggil ke Timnas Indonesia.

Di Liga 1 2023/24, Sananta harus absen dalam beberapa pertandingan Persis Solo karena membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 dan Asian Games 2022 yang tidak masuk kalender FIFA.

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly kalem tak dimainkan Shin Tae-yong di dua laga FIFA Matchday. (Instagram/@stefanolilipaly)

Sejak awal musim, Lilipaly sebetulnya sudah menunjukkan bahwa dirinya tampil impresif musim ini. Pemain naturalisasi asal Belanda itu sudah mencetak 7 gol dari 14 pertandingan.

Tak hanya gol, kontribusi Stefano Lilipaly buat Borneo FC musim ini sangat terlihat dari torehan assist-nya yang mencapai 6 umpan di Liga 1 2023/24.

Ini menunjukkan bahwa Stefano Lilipaly tidak hanya tajam dalam mencetak gol, tapi juga lihai menciptakan peluang untuk rekan-rekannya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More