Irwan Febri Rialdi
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki sederet pemain dengan nilai pasar paling tinggi, hanya satu yang bermain di liga domestik, lainnya berkarier abroad.

Menilik laman resmi Transfermartkt, skuad Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong memiliki nilai pasar dengan total Rp150 miliar.

Nominal tersebut diambil dari skuad Garuda yang berlaga di FIFA Matchday Juni 2023 lalu, terdiri dari 26 pemain yang memperkuat tim nasional lalu.

Terdapat empat pemain dengan nominal pasar paling tinggi, satu di antaranya berasal dari Liga 1 2023 untuk Persib Bandung.

Sementara tiga di antaranya berkarier abroad di luar negeri, lantas siapa saja mereka? berikut ini para pemain termahal tersebut.

1. Sandy Walsh (Rp34,76 Miliar)

Sandy Walsh menjadi pemain termahal di skuad Timnas Indonesia saat ini, pemain KV Mechelen di kasta tertinggi Liga Belgia.

Nilai pasarnya masih stabil di angka Rp34,76 miliar, sosoknya masih akan menjadi andalan Timnas Indonesia di laga-laga mendatang.

2. Jordi Amat (Rp15,64 Miliar)

Pemain abroad Timnas Indonesia selanjutnya datang dari Liga Super Malaysia, bermain untuk Johor Darul Takzim (JDT).

Siapa lagi jika bukan Jordi Amat, pemain kelahiran Spanyol ini masih mencatatkan nilai pasar di atas Rp15 miliar.

3. Shayne Pattynama (Rp10,43 Miliar)

Pemain termahal Timnas Indonesia yang bermain di Liga Norwegia bersama Viking FK, nominal pasarnya berada di angka Rp10,43 miliar.

Meski begitu Shayne masih harus berjuang keras menunjukkan performa terbaiknya bersama Timnas Indonesia, termasuk di laga melawan Brunei nanti.

4. Marc Klok (Rp7,82 Miliar)

Marc Klok menjadi satu-satunya pemain dari liga omestik dengan nominal pasar paling mahal, yakni mencapai Rp7,82 miliar.

Klok tak hanya menjadi andalan Persib Bandung tetapi juga di level Timnas Indonesia, sosoknya masih tak tergantikan hingga saat ini.

Kontributor: Eko
Load More