Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan percobaan dengan menepikan sejumlah nama langganan untuk mencoba nama-nama tertentu dalam pertandingan melawan Brunei Darussalam.

Para pemain yang tak dipanggil Shin Tae-yong ini padahal sempat mendapatkan panggilan saat Timnas Indonesia menghadapi Turkmenistan pada laga FIFA Matchday periode September 2023 lalu.

Namun, pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini, mereka justru tak mendapat panggilan dari juru taktik asal Korea Selatan itu. Setidaknya, ada 11 nama pemain yang tersingkir.

Hal ini karena Shin Tae-yong sudah bisa memanggil para pemain muda yang sebelumnya harus ‘turun kelas’ untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Saat itu, ada beberapa nama pemain muda yang sudah biasa memperkuat Timnas Indonesia, tetapi harus membantu perjuangan Garuda Muda pada duel melawan Chinese Taipei U-23 dan Turkmenistan U-23 tersebut.

Mereka adalah Ernando Ari, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Ivar Jnener, Arkhan Fikri, Rafael Struick, hingga Ramadhan Sananta.

Imbasnya, kembalinya para pemain muda andalan Shin Tae-yong ini membuat beberapa nama pemain senior tersingkir dari tim merah putih menjelang babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Salah satu nama pemain yang cukup mengejutkan ialah Stefano Lilipaly. Pemain depan keturunan Indonesia-Belanda ini harus tersingkir dari persaingan meskipun punya kiprah mentereng di level klub.

Pada laga paling baru, Lilipaly menyumbang satu gol dan satu assist untuk membawa Borneo FC menang 2-1 atas Madura United. Dengan demikian, sejauh ini dia sudah menghasilkan enam gol dan tujuh assist untuk Pesut Etam.

Berikut daftar nama pemain Timnas Indonesia yang tak mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk menghadapi Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

1. Reza Arya Pratama

2. Fachruddin Aryanto

3. Alfeandra Dewangga

4. Andy Setyo 

5. Dzaky Asraf

6. Adam Alis

7. Ryan Kurnia

8. Dony Tri Pamungkas

9. Yakob Sayuri

10. Aji Kusuma

11. Stefano Lilipaly

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More