Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Inilah jadwal negara-negara ASEAN selama FIFA Matchday Oktober 2023. Timnas Indonesia akan melawam Brunei Darussalam, Vietnam jajal kekuatan Korea Selatan, hingga Thailand yang pergi ke Eropa.

Kalender FIFA selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 9-17 Oktober 2023. Para negara ASEAN sudah menetapkan lawan-lawan yang akan dihadapi.

Untuk Timnas Indonesia sendiri, FIFA Matchday Oktober 2023 akan diisi dengan dua laga ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad arahan Shin Tae-yong ini dijadwalkan bertemu dengan Brunei Darussalam dua leg. Pertemuan pertama akan dimainkan di Stadion Jakabaring Palembang pada 12 Oktober 2023. Sedangkan, leg kedua dimainkan di markas Brunei pada 17 Oktober 2023.

1 Timnas Thailand

Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)

Dobrakan dilakukan oleh Timnas Thailand pada FIFA Matchday Oktober mendatang karena akan melakoni laga uji coba di Eropa.

Thailand yang saat ini menduduki peringkat ke-112 FIFA, akan menghadapi Georgia dan Estonia. Dari segi kekuatan, Estonia berpotensi dikalahkan karena kini menduduki peringkat ke-115.

Sementara untuk Georgia yang diperkuat oleh bintang Napoli, Khvicha Kvaratskhelia, akan menjadi lawan yang berat karena menduduki peringkat ke-79 dunia.

2. Timnas Vietnam

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok (kedua kanan) bersitegang dengan pemain Timnas Vietnam usai rekannya dilanggar keras dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom)

Setelah melawan dua negara Asia Barat, Suriah dan Palestina, di FIFA Matchday September lalu, Timnas Vietnam akan menghadapi lawan dari Asia dengan materi tim lebih kuat di Oktober nanti.

Vietnam akan berjumpa China pada 10 Oktober 2023 dan Uzbekistan pada 13 Oktober 2023. Dua laga tersebut akan dimainkan di kandang lawan.

Vietnam yang kini menduduki peringkat ke-95 FIFA, akan melawan China yang duduk di peringkat 80 dunia dan Uzbekistan di ranking 75.

3. Timnas Filipina

Timnas Filipina saat menjungkalkan Afghanistan dalam pertandingan uji coba. (Dok. The Azkals)

Filipina tidak mau ketinggalan untuk memainkan laga FIFA Matchday dengan lawan kuat. Filipina yang kini menduduki peringkat ke-132 akan melawan Bahrain (86) dan Kirgistan (96).

Filipina juga akan memainkan dua laga itu di luar kandang mereka. Pertama melawan Bahrain pada 12 oktober di Bahrain dan Kirgistan pada 15 Oktober di tempat yang sama.

4. Timnas Malaysia

Timnas Malaysia berselebrasi usai mengalahkan Papua Nugini 10-0. (Dok. FAM)

Timnas Malaysia hanya akan memainkan satu laga di FIFA Matchday Oktober 2023. Namun lawan yang mereka hadapi cukup berat.

Malaysia yang menduduki ranking 134 FIFA, akan melawan India yang ada di peringkat ke-103 pada 13 Oktober 2023 di Stadion Bukit Jalil.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More