Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan pulang kampung ke Korea Selatan meski dihadapkan pada jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 dalam waktu dekat.

Pulang kampung atau mudiknya pelatih berusia 52 tahun itu ke Korea Selatan diketahui dari unggahan putranya, yakni Shin Jae-won, di media sosial Instagram.

Putra sulung Shin Tae-yong tersebut belum lama ini mengunggah foto dirinya bersama sang ayah dan sang ibunda, Cha Young-ju, dan saudaranya, Shin Jae-hyuk.

Dari unggahan tersebut, terlihat raut wajah bahagia dari kedua putra Shin Tae-yong yang bisa bersua dengan ayahnya kembali.

Diketahui, Shin Tae-yong telah lama tak bersua kedua putranya di Korea Selatan karena kesibukannya bersama Timnas Indonesia.

Terhitung sejak Juni 2023 lalu, eks juru latih Timnas Korea Selatan itu disibukkan dengan agenda Timnas Indonesia baik senior dan kelompok umur.

Bersama tim senior, Shin Tae-yong melakoni FIFA Matchday di bulan Juni dan September. Lalu di bulan Agustus dan September, ia disibukkan dengan Piala AFF U-23 serta Kualifikasi Piala Asia U-23.

Setelah mudik ke Korea Selatan baru-baru ini, Shin Tae-yong pun akan dihadapkan pada pertandingan lainnya, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ditunggu Jadwal Padat

Shin Tae-yong tampaknya tak bisa berlama-lama dalam kepulangannya ke Korea Selatan, mengingat agenda Timnas Indonesia di bulan Oktober 2023 ini.

Di bulan Oktober 2023 ini, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia di laga hidup mati kontra Brunei Darussalam dalam perjalanannya menembus Piala Dunia 2026.

Laga kontra Brunei Darussalam sendiri akan tersaji dalam dua leg dengan formasi Home-Away yang digelar masing-masing pada Kamis (12/10) dan Selasa (17/10).

Di laga tersebut, Shin Tae-yong diwajibkan membawa Timnas Indonesia menang atas Brunei agar memuluskan langkahnya masuk babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika berhasil menang atas Brunei, Timnas Indonesia akan lolos ke grup F di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berisikan Irak, Vietnam, dan juga Filipina.

Andai menang atas Brunei pun, Shin Tae-yong tak bisa berleha-leha begitu saja. Sebab, pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sendiri akan dimulai pada November 2023.

Setelah itu, Shin Tae-yong juga harus memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan digelar pada bulan Januari hingga Februari 2024 di Qatar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More