Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Susunan terbaru mengenai pelatih Timnas Indonesia di berbagai level usia, mulai dari U-17, U-20, U-23, sampai senior.

Generasi pertama adalah Timnas Indonesia U-17, yang dipercayakan oleh PSSI kepada Bima Sakti sejak Juni lalu. Keputusan ini secara resmi diumumkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Bima Sakti kini menghadapi tantangan berat. Eks gelandang Timnas Indonesia ini akan memimpin skuad Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-17-- di Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember nanti.

Sementara itu, tampuk kepelatihan Timnas U-20 kini dipegang Indra Sjafri setelah pelatih berusia 60 tahun itu menyelesaikan tugasnya di Asian Games 2022.

Indra Sjafri baru-baru ini membawa Timnas Indonesia U-24 melaju ke babak 16 besar Asian Games 2022, meskipun perjalanan mereka terhenti setelah dikalahkan oleh Uzbekistan dengan skor 0-2.

Pasca-kekalahan tersebut, Indra Sjafri menjelaskan bahwa dia telah diberikan tugas baru untuk memimpin timnas Indonesia U-20 menuju Piala Dunia U-20 2025.

Sementara itu, kepemimpinan Timnas U-23 dan senior akan dipegang oleh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong baru-baru ini menyelesaikan tugasnya bersama Timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, yang berlangsung pada bulan September yang lalu.

Dalam pencapaiannya, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Taiwan dan Turkmenistan.

Selanjutnya, Shin Tae-yong harus segera beralih fokus ke timnas senior, mengingat skuad Garuda memiliki pertandingan melawan Brunei Darussalam pada bulan ini. Pertandingan ini adalah bagian dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

(Kontributor: Imadudin)

Load More