Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Argentina. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pengamat sepak bola Tanah Air, Tommy Welly atau Bung Towel, memberikan klaim kontroversial dengan menyebut pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memakai jasa Buzzer.

Klaim tersebut disampaikan pria yang juga dikenal sebagai komentator itu saat berbincang-bincang dalam sebuah acara bincang-bincang di kanal YouTube Nalar TV Indonesia.

Dalam acara bincang-bincang tersebut, Bung Towel mengeluarkan pernyataan kontroversi di awal, dengan menyebut Shin Tae-yong kebetulan saja membawa tiga level Timnas Indonesia ke Piala Asia.

“Bahwa sejarah tiga tim nasional lolos ke Piala Asia (senior, U-23, dan U-20) karena semuanya kan dipegang Shin Tae-yong,” kata Bung Towel.

“Sebelumnya kan nggak pernah ada pelatih yang memegang tiga level usia sekaligus U-20, U-23, dan senior. Jadi ya itu sebuah kebetulan yang menguntungkanlah. Tapi apapun apresiasi kita. Walaupun saya sih tetep aja akan memberikan catatan-catatan jika memang perlu ada catatan-catatan,” lanjutnya.

Pernyataan kontroversial itu kemudian dilanjutkan dengan klaim Bung Towel yang menyebut bahwa Shin Tae-yong menggunakan jasa Buzzer.

Klaim tersebut diutarakannya karena ia kerap diserang di media sosial saat memberikan kritik kepada pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Ketika kita mengkritisi, memberikan catatan, mempertanyakan misalnya, itu langsung dicap anti. Nah pengalaman saya begitu,” ucap Bung Towel.

“Ketika mengkritisi Shin Tae-yong atau mengkritisi ketua umum PSSI Erick Thohir, serbuan itu datang langsung. Saya yakin ada Die Hard Shin Tae-yong, tapi mayoritas saya perhatikan, karena bergelombang ribuan datangnya begitu, dengan akun-akun nol postingan saya anggap itu buzzer.”

“Pertanyaan besar dari apa yang saya alami berkali-kali, apakah Shin Tae-yong ini anti kritik? Karena setiap kali mendapatkan kritik, ada serangan balasan gitu kan termasuk dari Buzzer,” lanjutnya.

“Yang kedua, apakah Shin Tae-yong menggunakan Buzzer? Kalau sampai ini benar terjadi, ini sangat memalukan dalam perkembangan sepak bola Indonesia,” tegas Bung Towel.

Klaim ini kemudian membuat jagat media sosial yang dihuni pecinta sepak bola geger. Banyak yang membantah klaim Bung Towel tersebut.

Mayoritas pecinta sepak bola di media sosial mengaku mendukung Shin Tae-yong karena membawa perubahan positif ke Timnas Indonesia.

Bahkan ada pula netizen yang menyebut Bung Towel bukan mengkritisi Shin Tae-yong, melainkan membenci eks juru latih Timnas Korea Selatan itu dengan pernyataannya selama ini.

Terlepas dari klaim tersebut, sosok Bung Towel memang kerap dicap sebagai anti Shin Tae-yong menyusul komentar-komentarnya kepada pelatih Timnas Indonesia itu.

Sebelum mengeluarkan klaim ini, Bung Towel sempat menjadi sorotan karena mengkritik pernyataan Shin Tae-yong yang mengaku capek karena bolak-balik Solo dan Surabaya guna menukangi tim senior dan tim U-23 pada awal September ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More