Irwan Febri Rialdi
Bung Towel. (YouTube/Gocek Bung Towel)

Bolatimes.com - Tommy Welly atau Bung Towel menduga bahwa pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong, menyewa buzzer. Hal ini dikarenakan setiap ia mengkritik selalu berujung diserang netizen.

"Saya rasa Shin Tae-yong pasti sewa Buzzer. Menurut saya agak aneh aja, setiap saya mengkritiknya selalu saja ada serangan balik ke saya," kata Bung Towel mengutip kanal YouTube @nalartv, Selasa (26/9/2023).

Meski begitu, ia tetap mengucapkan selamat terhadap STY yang berhasil meloloskan 3 Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia. Namun, tudingannya itu tetap membuat publik penasaran akan biodata dan profil Bung Towel. Berikut rangkumannya.

Biodata Bung Towel

Nama Asli: Tommy Welly
Nama Panggilan: Bung Towel
Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 5 Maret 1971
Usia: 52 Tahun
Agama: -
Pendidikan: Universitas Padjajaran (Unpad)
Orang Tua: -
Pasangan: -
Pekerjaan: Komentator/Pengamat Sepak Bola
Instagram: @bungtowel8

Profil Bung Towel
Pemilik nama asli Tommy Welly itu dikenal publik sebagai komentator sepak bola. Ia lahir di Bandung pada 5 Maret 1971 yang berarti kini usianya menginjak 52 tahun. Tak diketahui agamanya, namun ia terlahir dari keluarga yang memang suka olahraga.

Ayahnya disebut-sebut merupakan mantan pemain serta pelatih sepak bola. Sejak kecil, Bung Towel pun sudah menyukai olahraga itu. Sebelum menjadi komentator, ia lebih dulu berkarier sebagai jurnalis. Ia bahkan mengambil jurusan ini saat kuliah.

Bung Towel sempat berkuliah di jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Saat masih menjadi mahasiswa, ia sudah bekerja di Harian Umum Bandung Pos dan ditugaskan pada desk olahraga.

Berangkat dari pengalaman itu, Bung Towel menyimpan pengetahuan untuk menjadi seorang komentator maupun pengamat sepak bola Indonesia. Ia seringkali muncul di stasiun televisi ANTV sebagai komentator ajang Indonesia Super League (ISL).

Kariernya melejit usai menjadi analis dan komentator kompetisi lain. Mulai dari Liga Champions hingga liga-liga Eropa lainnya. Tak hanya itu, Bung Towel juga bahkan sempat dipercaya bertugas di PSSI sebagai General Manager Football Development.

Sebagai seorang analis, Bung Towel sering memberikan pandangannya. Tak jarang, ia menyampaikan kritik pedas kepada pihak federasi. Baru-baru ini, ia juga menyoroti penampilan Timnas U-24 di ajang Asian Games yang menurutnya buruk.

Bung Towel juga aktif pada kanal Youtube GOCEK BUNGTOWEL. Di sana, ia kerap menyampaikan pandangannya terhadap sepak bola. Adapun video yang ia unggah mencapai 305 dan subscribernya tercatat sebanyak 115 ribu orang.

(Suara.com/Ruth Meliana)

Load More