Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia vs Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Alih-alih menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Timnas Indonesia akan memulai langkahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Jakabaring, Palembang.

Kepastian Timnas Indonesia memulai kiprahnya di Stadion Jakabaring pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei Darussalam itu dikonfirmasi sendiri oleh FIFA.

Dalam rilis resmi FIFA, tertulis bahwa skuad asuhan Shin Tae-yong akan bermain di Stadion Jakabaring, Palembang, pada Kamis (12/10) mendatang.

Padahal sebelumnya banyak yang meyakini bahwa PSSI akan menggelar duel tersebut di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Kepastian ini pun menjadi kabar gembira bagi pendukung Timnas Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera. Sebab, sebelumnya jarang skuad Garuda bermain di luar Pulau Jawa.

Dalam beberapa laga FIFA Matchday maupun turnamen internasional terakhir, Timnas Indonesia baik senior maupun kelompok umur lebih banyak bermain di Pulau Jawa.

Pada FIFA Matchday terakhir melawan Turkmenistan, Timnas Indonesia lebih memilih menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Lalu pada FIFA Matchday sebelumnya yakni melawan Palestina dan Argentina, tim Merah Putih juga memilih menggunakan venue Stadion Gelora Bung Tomo dan SUGBK.

Bahkan tak hanya senior, Timnas level kelompok umur seperti U-16, U-20, dan U-23 pun bermain stadion-stadion di Pulau Jawa seperti Maguwoharjo, Manahan, Gelora Bung Tomo, Pakansari, dsb.

Sedangkan Stadion Jakabaring sendiri diketahui terakhir menggelar pertandingan tim nasional pada ajang Piala AFF U-23 Wanita 2023 kemarin yang melibatkan Timnas Putri Indonesia U-23.

Adapun duel melawan Brunei di Stadion Jakabaring sendiri akan menjadi duel leg pertama pada babak Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Nantinya di leg kedua Timnas Indonesia rencananya akan bertandang ke Brunei dan bertarung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada Selasa (17/10/23).

Jelang laga ini, Timnas Indonesia di atas kertas jauh lebih unggul ketimbang Brunei, jika melihat rekor pertemuan keduanya dalam beberapa kurun waktu terakhir.

Jika berhasil mengalahkan Brunei, Timnas Indonesia akan lolos ke grup F yang merupakan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di grup F ini, Timnas Indonesia akan tergabung bersama tim-tim kuat seperti Irak, Vietnam, dan Filipina. Nantinya, dua peringkat teratas akan lolos ke babak selanjutnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More