Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-24 masih bisa lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022 meskipun mengalami kekalahan dari Korea Utara. Beginilah syaratnya.

Sebagai informasi, laga penentuan antara Timnas Indonesia U-24 melawan Korea Utara di Grup F Asian Games 2022 akan berlangsung di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, pada Minggu (24/9/2023) sore WIB.

Untuk saat ini, Timnas Indonesia U-24 masih berada di peringkat kedua Grup F. Anak asuh Indra Sjafri mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan. Indonesia unggul selisih gol atas Chinese Taipei di peringkat ketiga.

Sementara itu, Korea Utara berada di puncak klasemen sementara Grup F. Mereka mengoleksi enam poin hasil dari dua kemenangan melawan Chinese Taipei dan Kirgistan pada dua laga sebelumnya.

Ada beberapa syarat yang membuat Timnas Indonesia U-24 bisa lolos ke babak 16 besar meskipun nantinya mengalami kekalahan dari Korea Utara pada pertandingan terakhir Grup F Asian Games 2022.

Yang pertama, Timnas Indonesia U-24 harus kalah maksimal dengan margin satu gol. Namun demikian, pada pertandingan lainnya, Chinese Taipei juga harus mengalami kekalahan dari Kirgistan paling banyak dua gol.

Dengan situasi ini, Timnas Indonesia U-24 bakal memiliki nilai yang sama dengan Chinese Taipei dan Kirgistan. Akan tetapi, Rizky Ridho dan kawan-kawan lebih berhak untuk melenggang ke babak 16 besar.

Hal ini karena selisih gol Timnas Indonesia U-24 seimbang, sedangkan Chinese Taipei dan Kirgistan selisih golnya minus. Peluang ini membuka Garuda Muda untuk melaju ke fase berikutnya.

Namun, untuk mengamankan posisinya, anak Asuh Indra Sjafri harus bisa menang atas Korea Utara. Dengan demikian, Garuda Muda tak perlu memikirkan hasil pertandingan antara Chinese Taipei dan Korea Utara.

Hasil imbang sebetulnya juga bisa meloloskan Timnas Indonesia U-24. Syaratnya, Kirgistan dan Chinese Taipei bermain imbang pada pertandingan lainnya. Dengan demikian, Indonesia akan menjadi runner-up Grup F menemani Korea Utara yang menjadi pemuncak klasemen.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More