Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Rekor pertemuan Timnas Indonesia dengan Korea Utara di Asian Games terbilang tidak menguntungkan Skuad Merah Putih. Padahal, Timnas Indonesia U-24 akan melakoni laga penentuan di fase grup Asian Games 2024 melawan Korea Utara.

Kemenangan atau minimal hasil imbang bisa memperbesar peluang skuad Merah Putih melaju ke babak 16 besar.

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-24 vs Korea utara U-24 di matchday terakhir Grup F akan berlangsung pada Minggu (24/9/2023).

Ini bakal menjadi laga berat buat Rizky Ridho dan kolega karena Korea Utara sedang dalam tren positif usai meraih dua kemenangan di penyisihan grup.

Kemenangan akan membuat Timnas Indonesia U-24 meraih 6 poin. Meski nantinya Taiwan bisa mengalahkan Kirgistan, raihan 6 poin bisa membuat Timnas Indonesia U-24 ada di jajaran atas posisi ketiga terbaik.

Nantinya selain 12 tim dari masing-masing juara grup dan runner-up yang lolos ke 16 besar, ada 4 tim peringkat tiga terbaik yang berhak menyusul.

Masalahnya, tugas mengalahkan Korea Utara tidak akan mudah buat Indonesia jika menilik rekam jejak pertemuan kedua tim di Asian Games 2022.

Indonesia dan Korea Utara pernah bertemu satu kali di Asian Games edisi 2014 Incheon. Saat itu, Timnas Indonesia U-23 bertemu Korea Utara di babak 16 besar.

Timnas Indonesia U-23 yang saat itu dilatih oleh Aji Santoso harus menyerah dengan skor telak 1-4 dari Korea Utara yang di edisi tersebut menjadi runner-up.

Pertemuan di babak 16 besar Asian Games 2014 itu menjadi satu-satunya pertemuan Indonesia dan Korea Utara di level kelompok umur.

Masalahnya lagi, Timnas Indonesia tidak punya rekor bagus juga di level senior. Timnas Indonesia sudah bertemu dengan Korea Utara sembilan kali.

Dari sembilan pertandingan itu, Timnas Indonesia sama sekali tidak pernah menang dengan rincian sekali imbang dan delapan kali kalah.

Head to Head Timnas Indonesia vs Korea Utara di Asian Games:

26 September 2014:

Timnas Indonesia U-23 1-4 Korea Utara U-23.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More