Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mengupas susunan pemain atau Starting Line Up terbaik yang bisa digunakan Indra Sjafri agar Timnas Indonesia U-24 bisa menang atas Korea Utara di laga terakhir grup F Asian Games 2022.

Timnas Indonesia U-24 berada dalam misi wajib menang saat melakoni laga terakhir grup F Asian Games 2022 kontra Korea Utara, Minggu (24/9) sore WIB.

Misi wajib menang ini diembang tim Merah Putih menyusul kekalahan yang diterima di laga kedua kontra Chinese Taipei dengan skor 0-1, Kamis (21/9) kemarin.

Kekalahan dari Chinese Taipei itu membuat tim besutan Indra Sjafri ini harus turun dari posisi Runner Up grup F ke posisi ketiga klasemen sementara.

Di samping itu, kekalahan tersebut juga membuat persaingan merebut tiket ke babak 16 besar Asian Games 2022 di grup F pun terbuka lebar hingga laga terakhir.

Karena belum aman untuk lolos ke babak 16 besar, Timnas Indonesia U-24 pun mau tak mau harus menang di laga terakhir kontra Korea Utara.

Demi meraih kemenangan ini, Indra Sjafri selaku pelatih pun harus menyiapkan taktik dan skema terbaiknya, termasuk pemilihan pemain yang menjadi starter.

Dengan asumsi semua pemain yang dibawa siap diturunkan, bagaimana susunan pemain yang bisa digunakan Indra Sjafri saat Timnas Indonesia U-24 menghadapi Korea Utara?

Saatnya Ubah Skema?

Di Asian Games 2022 ini, Indra Sjafri selaku pelatih menggunakan dua susunan pemain yang berbeda dan dua formasi yang berbeda pula, yakni 4-4-2 dan 4-3-3.

Dari dua skema yang dipakai ini, permainan Timnas Indonesia U-24 tak begitu luwes saat menyerang dan cenderung lebih defensif.

Di laga perdana kontra Kirgistan, formasi 4-4-2 itu dengan mudah dibongkar oleh lawan sehingga Timnas Indonesia U-24 tampil tertekan, terlepas keberhasilannya mencetak dua gol.

Lalu di laga kontra Chinese Taipei, Timnas Indonesia U-24 bermain agresif dengan formasi 4-3-3. Nyatanya, perubahan ini membuat skema serangan tim Merah Putih terbatas dengan memanfaatkan lebar lapangan.

Karenanya, Indra Sjafri pun harus mengubah formasi ini di laga melawan Korea Utara dan mencoba skema tiga bek yang akrab dipakai oleh para pemainnya.

Skema tiga bek itu bisa dimainkan dan terkesan cocok dengan para pemainnya yang andal dalam melakukan serangan balik cepat dengan memanfaatkan lebar lapangan.

Di samping itu, skema tiga bek juga membuat pertahanan Timnas Indonesia U-24 akan kian solid, karena posisi Wing Back baik di kanan dan di kiri akan turun dan membentuk formasi lima bek.

Dengan formasi ini, Indra Sjafri bisa menunjuk Ernando Ari Sutaryadi kembali di bawah mistar, usai di laga kontra Chinese Taipei, posisinya digantikan Adi Satryo.

Lalu untuk tiga bek di depan gawang, nama Rizky Ridho, Andy Setyo, dan Alfeandra Dewangga di pos bek tengah kanan, bek tengah, dan bek tengah kiri.

Untuk pos Wing Back, Bagas Kaffa bisa diandalkan di sektor kanan. Lalu untuk sektor kiri, nama Dony Tri Pamungkas yang kerap jadi cadangan, juga bisa dimaksimalkan oleh Indra Sjafri.

Keduanya bisa jadi pilihan di Wing Back karena akrab dengan posisi tersebut baik di level klub dan di level tim nasional bersama Shin Tae-yong.

Sedangkan dua gelandang tengah, ada baiknya Indra Sjafri menghapus peran gelandang serang dan memainkan Double Pivot pada diri Rachmat Irianto dan Syahrian Abimanyu.

Nantinya, Wing Back dan Double Pivot ini akan menopang Egy Maulana Vikri sebagai winger kanan, Titan Agung sebagai penyerang tengah, dan Ramai Rumakiek di pos winger kiri.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia U-24 yang harus dimainkan Indra Sjafri saat hadapi Korea Utara di laga terakhir grup F Asian Games 2022.

Timnas Indonesia U-24 (3-4-3):

Ernando Ari; Rizky Ridho, Andy Setyo, Alfeandra Dewangga; Bagas Kaffa, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Dony Tri Pamungkas; Egy Maulana Vikri, Titan Agung, Ramai Rumakiek.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More