Irwan Febri Rialdi
Tajikistan vs Korea Utara di babak perempat final Piala Asia U-16 2018 (Dok. the-afc.com/galih)

Bolatimes.com - Timnas Korea Utara U-24 berpotensi menjadi lawan yang menyulitkan Timnas Indonesia U-24 pada laga pamungkas grup di Asian Games 2022.

Timnas Indonesia U-24 dan Korea Utara sendiri, saat ini menjadi dua tim dari Grup F yang bersaing ketat untuk menjadi juara grup dan lolos ke fase gugur.

Indonesia sama-sama mengoleksi 3 poin dan punya selisih gol +2 dengan Korea Utara yang di laga lain juga berhasil mengalahkan Taiwan 2-0.

Namun, berhubung Timnas Indonesia U-24 unggul dalam poin fair play, Timnas Indonesia U-24 berhak menempati posisi yang lebih bagus ketimbang Korea Utara U-24.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Korea Utara sendiri?

Profil Korea Utara U-24

Dari ketiga negara yang akan jadi lawan Indonesia, Korea Utara menjadi perhatian tersendiri, mengingat negara tersebut merupakan negara tertutup.

Bisa dikatakan, sepak bola Korea Utara hampir tak terdengar gaungnya sama sekali, alih-alih berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Meski dicap sebagai negara tertutup, Timnas Korea Utara nyatanya merupakan salah satu tim nasional tertua di Asia dan bahkan dunia.

Tim berjuluk Chollima ini sudah berdiri sejak tahun 1945 dan bahkan telah menjadi anggota AFC saat pertama kali berdiri pada 1954 dan juga tercatat sebagai anggota FIFA sejak 1958.

Hanya saja diketahui Timnas Korea Utara U-23 telah berpartisipasi di ajang Asian Games sejak tahun 2002 lalu dan tak pernah lolos ke ajang Olimpiade sejak 1992.

Di kancah Asia, Timnas Korea Utara U-23 punya kiprah mentereng karena juga rutin lolos ke Piala Asia U-23 sejak 2013 hingga 2020.

Nah, kiprah Korea Utara justru hadir pada Asian Games karena sudah lima kali ikut serta. Mereka bahkan berhasil menjadi runner-up dan meraih medali perak di Asian Games 2014.

Timnas Korea Utara U-23 juga punya rekam jejak apik dengan selalu menembus babak perempat final Asian Games sejak partisipasinya pertama kali pada 2002 silam.

Di Asian Games 2022 kali ini, Korea Utara U-24 dilatih oleh mantan pemain Timnas Korea Utara, Sin Yong-nam. Ia tercatat punya 15 caps buat Timnas Korea Utara dengan torehan 2 gol.

Bek: 

Jang Song-il- Pak Kwang-chon- Pak Chol-ju- Choe Jin-nam- Kim Kum-chol- Choe Ok-chol- Kim Kyong-sok- Jong Kum-song

Gelandang: 

Kim Kwang-hyok- Mun In-ju- Ri Chung-gyu- Ri Yong-gwon- So Jong-gil

Penyerang:

Kang Kuk-chol- Kim Hwi Hwang- Kim Kuk-jin- Pak Kwang-hun- Ryang Hyon-ju- Sim Ju-il

Pelatih:

Sin Yong-nam.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More