Irwan Febri Rialdi
Kuli ditegur karena pakai jersey Persib Bandung. (Twitter/@tanyakanrl)

Bolatimes.com - Sebuah video mendadak menjadi viral di media sosial, usai seorang tukang bangunan atau kuli, diminta melepas bajunya karena menggunakan jersey Persib Bandung.

Video itu mendadak viral setelah akun Twitter (X) bernama @tanyakanrl mengunggah hasil Screenshot dalam cuplikan video tersebut.

“Viral! Pria ini menegur dan memaksa seorang kuli yang sedang bekerja membuka bajunya hanya karna menggunakan Jersey Persib,” bunyi kicauan akun @tanyakanrl.

Terlihat dalam video yang juga beredar di TikTok itu, seseorang yang menggunakan baju hitam mendatangi kuli yang tengah bekerja.

Tak jelas apa yang keduanya bicarakan, tapi disebutkan orang yang mengenakan baju hitam menegur kuli yang bekerja menggunakan jersey Persib Bandung.

“Ini Jakarta kang bukan Bandung,” tulis pengunggah dalam video yang kini marak tersebar di Platform TikTok tersebut.

Lalu video pun diakhiri dengan baju Persib diinjak oleh pengunggah ataupun kreator video tersebut disertai kata ‘Pecundang’ pada saat dirinya menginjak logo tim kebangaan Kota Bandung itu.

 

Video tersebut pun kemudian menuai komentar negatif dari netizen baik di TikTok maupun di Twitter yang menyayangkan aksi pembuat video.

Sebagian merasa iba dengan kuli yang disebut belum tentu paham akan sepak bola dan mengenakan baju tersebut hanya untuk bekerja agar terhindar dari panas terik matahari.

Tak hanya pendukung Persib yang geram dengan aksi kreator video, para pendukung dari klub lainnya, terutama Persija Jakarta, juga menyayangkan hal tersebut.

Pasalnya, video ini bisa merusak wacana perdamaian yang digalang oleh kedua klub dengan basis suporter besar di Indonesia tersebut.

Wacana perdamaian ini sudah digaungkan sejak jauh-jauh hari. Bahkan, wacana ini sempat direalisasikan setelah Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu.

Saat itu, kedua basis suporter itu mengadakan doa bersama untuk korban Tragedi Kanjuruhan dan sepakat bahwa rivalitas keduanya hanya berlangsung selama 90 menit saja saat kedua tim bertanding.

Wacana perdamaian juga terus disuarakan oleh pemain dari kedua klub besar Indonesia itu. Salah satunya adalah kapten Persija, Andritany Ardhiyasa.

Dalam satu unggahannya saat bertandang ke markas Persib pada Liga 1 2021/2022 lalu, Andritany menyebut dirinya diperlakukan baik oleh pendukung lawan tanpa adanya teror berlebihan.

Selain itu, pentolan dari kedua suporter yakni Bung Ferry dari Persija dan Herru Joko dari Persib pun beberapa kali terlihat bersama yang bertujuan menebarkan virus perdamaian antara kedua kubu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More