Irwan Febri Rialdi
Pemain Thailand U-23 usai kalah dari Timnas Indonesia U-23. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Melihat kiprah negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) saat melakoni laga perdana fase grup Asian Games 2022, di mana Thailand berpotensi pulang lebih awal.

Terhitung sejak Selasa (19/9) waktu setempat, cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2022 telah memulai pertandingan babak grup.

Hingga artikel ini dibuat, Kamis (21/9) siang WIB, seluruh tim yang tergabung dari grup A hingga grup F, termasuk negara-negara ASEAN, telah melakoni pertandingan perdananya di Asian Games 2022.

Tercatat ada empat negara ASEAN yang bertarung di babak grup Asian Games 2022 ini, yakni Indonesia, Myanmar, Vietnam, dan Thailand.

Dari empat negara tersebut, tiga di antaranya yakni Indonesia, Vietnam, dan Myanmar mampu meraih kemenangan di laga perdana fase grup pesta olahraga empat tahunan ini.

Indonesia mampu menjungkalkan Kirgistan di grup F dengan skor 2-0. Kemudian Myanmar secara mengejutkan mampu mengalahkan Bangladesh dengan skor tipis 1-0 di grup A.

Di sisi lain, Vietnam yang tergabung di grup sulit yakni grup B, mampu membuka kampanyenya dengan meraih kemenangan 4-2 atas Mongolia.

Kemenangan yang diraih tiga negara ini nyatanya tak bisa diikuti oleh Thailand, yang justru hanya mendulang satu poin di laga perdana grup E.

Thailand harus puas mengantongi satu poin setelah bermain imbang 1-1 kontra Bahrain. Hasil imbang ini membuat tim arahan Issara Sritaro bisa saja gugur lebih cepat di Asian Games 2022.

Berpotensi Gugur Cepat

Imbas hasil imbang kontra Bahrain di laga perdana grup E membuat Thailand pun berpotensi angkat koper lebih cepat di Asian Games 2022 ini.

Potensi Thailand gugur di Asian Games 2022 tak lepas dari fakta di laga kedua grup E, tim arahan Issara Sritaro ini akan bersua dengan tim kuat, Korea Selatan, Kamis (21/9) malam WIB.

Korea Selatan sendiri baru saja menang besar di grup E Asian Games 2022 dengan membantai Kuwait 9-0, Selasa (19/9) malam waktu setempat.

Dengan hasil imbang di laga perdana dan menghadapi lawan sulit di laga kedua, Thailand bisa saja gugur jika menelan kekalahan dari Korea Selatan dan Bahrain mampu menang besar atas Kuwait.

Jika skenario itu terjadi, Bahrain selaku lawan berat Thailand dalam perebutan posisi Runner Up, hanya butuh hasil imbang di laga terakhir kontra Korea Selatan untuk mengamankan tiket ke 16 besar.

Satu-satunya harapan Thailand adalah tak kalah dengan skor besar dari Korea Selatan di laga kedua, dan bisa menang besar di laga terakhir kontra Kuwait serta berharap Bahrain terpeleset.

Jika Bahrain tak terpeleset di laga terakhir kontra Korea Selatan, Thailand pun hanya perlu menang besar atas Kuwait dan berharap bisa lolos via peringkat tiga terbaik.

Kondisi Thailand yang terjepit ini berbeda dengan Indonesia, Vietnam, dan Myanmar. Karena bisa menang di laga pembuka, tiga wakil ASEAN ini hanya perlu menang di laga kedua untuk mengamankan tiket 16 besar Asian Games 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More