Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Melihat skenario Timnas Indonesia U-24 lolos otomatis ke babak 16 besar cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2022 kala menghadapi Chinese Taipei.

Timnas Indonesia U-24 akan kembali bertarung di grup F Asian Games 2022, dengan menghadapi Chinese Taipei, Kamis (21/9) sore WIB.

Jelang menghadapi laga ini, tim besutan Indra Sjafri itu punya modal berharga berkat kemenangan di laga perdana grup F kontra Kirgistan dengan skor 2-0, Selasa (19/9).

Modal apik Timnas Indonesia U-24 ini dibarengi fakta Chinese Taipei dalam kondisi yang buruk, usai menelan kekalahan 0-2 dari Korea Utara, Selasa (19/9).

Di samping itu, Timnas Indonesia U-24 punya pengalaman apik melawan Chinese Taipei, yakni di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 lalu, saat digilas tim Merah Putih dengan skor 9-0.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Timnas Indonesia U-24 diprediksi mampu meneruskan tren kemenangannya di laga kedua grup F Asian Games 2022.

Banyak pihak meyakini jika Timnas Indonesia U-24 akan otomatis lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022 jika berhasil mengandaskan perlawanan Chinese Taipei.

Tapi faktanya, ada dua skenario agar Timnas Indonesia U-24 bisa memastikan satu tempat di fase gugur cabor sepak bola pesta olahraga empat tahunan itu secara otomatis.

Apa saja skenario yang bisa membuat Timnas Indonesia U-24 memastikan tiket kelolosan ke babak 16 besar Asian Games 2022?

1. Menang atas Chinese Taipei

Skenario pertama agar Timnas Indonesia U-24 lolos ke 16 besar adalah menang atas Chinese Taipei dengan skor berapapun alias meraih tiga poin.

Andai Timnas Indonesia U-24 bisa menang atas Chinese Taipei, maka perolehan poin Rizky Ridho dkk di grup F akan menjadi enam poin.

Enam poin itu sudah cukup bagi Timnas Indonesia U-24 lolos ke 16 besar dengan finis minimal sebagai Runner Up grup F.

Jika Timnas Indonesia U-24 imbang atau kalah dari Chinese Taipei, maka tim Merah Putih baru akan memastikan tiket kelolosan di laga terakhir grup F kontra Korea Utara.

 2. Korea Utara Tak Kalah dari Kirgistan

Tak hanya butuh kemenangan atas Chinese Taipei, Timnas Indonesia U-24 juga perlu berharap Korea Utara bisa menang atau bermain imbang dengan Kirgistan.

Jika Korea Utara menang dengan Kirgistan dan Timnas Indonesia U-24 menang atas Chinese Taipei, maka kedua negara itu akan lolos otomatis ke 16 besar, dan hanya perlu berebut juara grup F di laga terakhir.

Sedangkan jika Korea Utara imbang kontra Kirgistan dan Timnas Indonesia U-24 menang atas Chinese Taipei, maka tim Merah Putih akan menjadi tim pertama dari grup F yang lolos ke 16 besar.

Sehingga di laga terakhir grup F kontra Korea Utara, Timnas Indonesia U-24 hanya perlu bermain imbang guna menyegel tempat sebagai juara grup.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More