Irwan Febri Rialdi
David da Silva vs Ezechiel N'Doussel. (Dok. Persib & FC Bekasi)

Bolatimes.com - Membandingkan statistik dua penyerang asing kenamaan di sepak bola Indonesia, yakni Ezechiel N’Douassel dan David da Silva. Siapa yang punya catatan paling gacor?

Nama Ezechiel N’Douassel menjadi perbincangan di sepak bola Indonesia saat ini, seiring penampilan apiknya di Liga 2 2023-2024.

Tampil bersama FC Bekasi City, penyerang berkebangsaan Chad itu mampu mencetak empat gol di dua pekan awal Liga 2 2023-2024.

Empat gol itu dilesakkan eks Persib Bandung tersebut masing-masing ke gawang PSIM Yogyakarta di laga perdana dengan torehan tiga gol dan ke gawang Nusantara United dengan sumbangan satu gol.

Torehan tersebut pun membuat pria yang akrab disapa King Eze ini duduk di puncak daftar top skor sementara Liga 2 2023-2024, unggul dua gol dari para pesaing terdekatnya.

Berkat torehan tersebut pula, penyerang berusia 35 tahun itu dicap terlalu hebat untuk Liga 2 dan dianggap masih layak bermain di Liga 1 alias kasta teratas Indonesia.

Bahkan, torehannya itu pun membuatnya kemudian dibanding-bandingkan dengan penerusnya di lini serang Persib Bandung yakni David da Silva.

Baik King Eze dan David da Silva dianggap sebagai dua penyerang asing terbaik yang pernah dimiliki tim berjuluk Pangeran Biru itu dalam beberapa tahun terakhir.

Karena Ezechiel N’Douassel dan David da Silva sama-sama telah berkarier lama di Indonesia dan lama membela Persib Bandung, kira-kira siapa yang punya statistik lebih mentereng?

David da Silva Lebih Tajam

Baik Ezechiel N’Douassel dan David da Silva sama-sama telah lama bermain di Indonesia. Nama pertama lebih dulu datang enam bulan sebelum nama terakhir.

King Eze datang ke Indonesia lebih dulu pada Agustus 2017 dengan bergabung Persib Bandung. Sedangkan David da Silva diboyong Persebaya Surabaya ke Tanah Air pada Januari 2018.

Sejak kedatangannya tersebut, keduanya sama-sama telah memainkan banyak pertandingan di sepak bola Indonesia, terutama di kancah liga.

Jika dihitung dengan penampilan di Liga 2 2023-2024, King Eze tercatat telah memainkan 89 pertandingan liga di Indonesia.

Sedangkan David da Silva yang sempat pergi dari Indonesia pada 2019 dan 2021, tercatat telah memainkan 100 pertandingan liga di Indonesia.

Dari jumlah penampilan tersebut, David da Silva yang telah tampil 100 kali di Liga Indonesia, punya statistik lebih baik dengan mencetak 70 gol di Tanah Air.

Sedangkan King Eze yang tercatat bermain 89 kali di Liga 1 dan Liga 2, ternyata baru mencatatkan total 52 gol saja sejak mendarat di Indonesia.

Jika melihat rasio gol per laga, maka David da Silva lebih unggul dengan rasio 0,7 gol per laga. Sedangkan King Eze hanya memiliki rasio 0,58 gol per laga selama bertarung di Liga Indonesia.

Perbedaan catatan ini pun terlihat dari musim terbaik keduanya. Musim terbaik David da Silva di Indonesia terjadi pada Liga 1 2022/2023 kemarin saat dirinya mencetak 24 gol dari 33 laga.

Sedangkan musim terbaik King Eze di Indonesia sejauh ini terjadi pada Liga 1 2018 lalu, dengan torehan 17 gol dari 22 penampilan bagi Persib Bandung.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More