Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-23 Jeam Kelly Sroyer selebrasi usai bobol Thailand di Piala AFF U-23 2023.(Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Berikut tiga negara Asia Tenggara (ASEAN) yang diprediksi bisa lolos ke babak 16 besar cabang olahraga (cabor) Asian Games 2022, di mana salah satunya adalah Indonesia.

Dalam waktu dekat, seluruh penikmat olahraga di Asia akan menyambut pesta olahraga terbesar di benua kuning bertajuk Asian Games 2022.

Semula, ajang empat tahunan tersebut digelar pada tahun 2022 lalu di Hangzhou, China. Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang belum usai di negeri Tirai Bambu membuat ajang ini diundur.

Kini, Asian Games 2022 pun akan digelar dalam waktu dekat. Rencananya, pembukaan pesta olahraga ini akan dilangsungkan pada 23 September 2022.

Meski baru resmi dibuka pada 23 September 2022, beberapa cabang olahraga akan dilangsungkan terlebih dahulu, di mana salah satunya adalah cabor sepak bola.

Cabor sepak bola sendiri rencananya akan mulai digelar pada Selasa (19/9) besok, di mana nantinya ada 21 negara dari berbagai kawasan Asia yang akan berpartisipasi di cabor ini.

Dari 21 negara itu, Asia Tenggara (ASEAN) mengirimkan empat negara yang akan bertarung di babak grup cabor sepak bola Asian Games 2022.

Dari empat negara itu, diprediksi hanya tiga negara saja yang akan dengan mudah lolos fase grup dan menembus babak 16 besar Asian Games 2022. Negara mana saja itu?

1. Indonesia

Indonesia diprediksi kuat menjadi salah satu wakil ASEAN yang akan lolos mudah ke babak 16 besar Asian Games 2022 karena skuad dan lawan yang akan dihadapi.

Di Asian Games 2022 ini, Indonesia yang diwakili Timnas U-24 membawa para pemain yang kaya pengalaman di level internasional dan ditukangi pelatih top sekelas Indra Sjafri.

Selain itu, Indonesia diprediksi akan lolos mudah karena tergabung di grup yang tak terbilang sulit, yakni grup F bersama Korea Utara, Kirgizstan, dan Chinese Taipei.

2. Vietnam

Vietnam selaku salah satu raja sepak bola di Asia Tenggara juga diprediksi bisa lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022, entah itu dengan status Runner Up atau peringkat ketiga terbaik.

Vietnam diprediksi akan sulit lolos dengan status juara grup karena berada satu grup dengan Iran dan Arab Saudi. Tapi, The Golden Star bisa lolos dengan status peringkat tiga terbaik andai bisa menang besar atas tim lemah di grup B yakni Mongolia.

Kesempatan itu jelas tak akan disia-siakan oleh Philippe Troussier selaku pelatih. Apalagi Vietnam datang ke Asian Games 2022 dengan para pemain yang berhasil juara Piala AFF U-23 2023 lalu.

3. Thailand

Thailand menjadi wakil ASEAN paling apes di Asian Games 2022, karena tergabung di grup sulit yakni bersama Korea Selatan, Bahrain, dan Kuwait di grup E.

Meski begitu, Thailand berkesempatan lolos dengan status Runner Up grup atau peringkat tiga terbaik, asalkan bisa mengatasi dua dari tiga lawannya, yakni Bahrain dan Kuwait.

Kesempatan Thailand mengalahkan dua lawannya itu terbilang besar mengingat tim berjuluk Gajah Perang ini dihuni oleh para pemain muda terbaik yang telah malang melintang di event internasional.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More