Irwan Febri Rialdi | Reky Kalumata
Madura United kalahkan Persikabo 1973 untuk memuncaki klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024. (Dok. Madura United)

Bolatimes.com - Madura United sukses mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor  telak 3-0 pada laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024. Kemenangan ini membuat Laskar Sape Kerrab duduk manis di pucuk.

Pada derbi Suramadu di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Minggu (17/9/2023), gol Madura United dicetak oleh Hugo Gomes di babak pertama, serta gol Lulinha dan Junior Brandao di babak kedua.

Kemenangan tersebut membuat Madura United mengoleksi 26 poin dan mantap di puncak klasemen sementara BRI LIga 1. Sedangkan Persebaya di posisi 8 dengan tetap 18 poin.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah Madura United langsung menekan Persebaya Surabaya sejak awal pertandingan. Baru di menit ke-2, Persebaya Surabaya langsung dihukum dengan tendangan penalti.

Wasit Armyn Dwi Suryathin menunjuk titik putih setelah Dusan Stevanovic melakukan pelanggaran kepada Francesco Rivera. Hugo Gomes yang menjadi eksekutor berhasil mengeksekusi bola dengan sempurna.

Persebaya Surabaya mencoba membalas. Sebuah peluang lewat tendangan bebas Ze Valente berusaha disambut dengan tandukan oleh Dusan Stevanovic namun masih gagal.

Madura United mendapatkan peluang saat Junior Brando lepas di sisi kanan lapangan. Tembakan Junior Brandao masih mampu ditangkap oleh kiper Andhika Ramadhani.

Giliran Persebaya balik mengancam lewat Paulo Victor setelah mendapatkan ruang untuk melepaskan tendangan. Namun usaha Victor di menit ke-19 masih dapat diblok oleh Cleberson.

Pada menit ke-35, kiper Andhika Ramadhani harus ditarik keluar dan digantikan Aditya Arya setelah mendapatkan perawatan karena kontak dengan Rivera.

Laga berlanjut dan Persebaya kembali mengancam. Sho Yamamoto mencoba mengancam lewat tendangan keras yang masih membentur pemain Madura United.

Persebaya masih mencoba mengancam di sisa waktu babak pertama, namun hingga turun minum skor masih tetap 1-0 bagi keunggulan tuan rumah Madura United.

Di babak kedua, Madura United mencoba mendominasi pertandingan. Pada menit ke-48, Lulinha menjebol gawang Pesebaya lewat tendangan dari jauh dan memperbesar keunggulan Madura United menjadi 2-0.

Sementara pada menit ke-83, Junior Brandao mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan setengah voli memaksimalkan umpan Dodi Alexvan Djin dan memastikan Madura United menang 3-0.

Susunan Pemain

Madura United (4-3-3)

Wawan Hendrawan, Koko Ari, Fachruddin Aryanto (c), Cleberson, Novan Sasongko; Francisco Rivera, Jacob Mahler, Hugo Gomes, Lulinha, Junior Brandao, Yuda Editya Pratama

Persebaya Surabaya (4-3-3)

Andhika Ramadhani (Aditya Arya, 35'), Arief Catur, Kadek Raditya, Dusan Stevanovic, Reva Adi Utama (c); Ze Valente, Andre Oktaviansyah, Song Ui-young; Sho Yamamoto, Paulo Victor, Bruno Moriera;

Load More