Irwan Febri Rialdi
Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Twitter/@tl_central)

Bolatimes.com - Melihat pembagian pot Piala Asia U-23 2024 usai berakhirnya babak kualifikasi, di mana Timnas Indonesia U-23 terancam masuk dalam grup neraka pada Drawing fase grup.

Timnas Indonesia U-23 terancam masuk dalam grup neraka usai berada di pot 4 Drawing babak grup Piala Asia U-23 2024 bersama Malaysia, Tajikistan, dan China.

Di pot 4 tersebut, hanya Timnas Indonesia U-23 saja yang lolos dengan status juara grup di babak Kualifikasi, sedangkan tiga negara lainnya yakni lolos dengan status Runner Up grup terbaik.

Meski punya catatan apik di kualifikasi, skuad Garuda Muda tetap harus puas berada di pot 4 karena pembagian pot berdasarkan performa di Piala Asia U-23 edisi sebelumnya.

Karena Timnas Indonesia U-23 tak tampil di edisi sebelumnya dan berstatus debutan di Piala Asia U-23 2024, maka tim besutan Shin Tae-yong itu harus berada di pot 4 atau pot terakhir.

Kondisi ini membuat Timnas Indonesia U-23 pun terancam tergabung di grup neraka pada Drawing yang pada 16 November 2023 mendatang.

Pasalnya, pot 1 hingga pot 3 berisikan tim-tim yang sudah punya sepak terjang mumpuni di kancah Piala Asia U-23 di edisi-edisi sebelumnya.

Pot 1 sendiri berisikan negara-negara yang pernah juara seperti Uzbekistan, Arab Saudi, Jepang, dan negara yang jadi tuan rumah penyelenggaraan, yakni Qatar.

Lalu di pot 2 berisikan negara-negara dengan nama besar seperti Iraq selaku juara edisi pertama, Korea Selatan selaku juara edisi 2020, Australia selaku semifinalis di dua edisi terakhir, dan Vietnam yang merupakan finalis edisi 2018.

Kemudian pot 3 berisikan negara-negara yang di edisi sebelumnya tampil di putaran final ajang ini seperti Thailand, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan juga Yordania.

Dengan melihat pembagian pot itu, ada kemungkinan Timnas Indonesia U-23 akan bersua tim-tim seperti Jepang, Korea Selatan, dan Yordania.

Di samping itu, duel antara tim Asia Tenggara di fase grup Piala Asia U-23 2024 bisa saja tercipta, mengingat Vietnam, Thailand, dan Timnas Indonesia U-23 berada di pot yang berbeda.

Berikut pembagian pot Piala Asia U-23 2024 yang nantinya akan dibagi ke dalam empat grup dalam Drawing yang digelar pada 16 November 2023.

Pot 1:

- Qatar (Tuan Rumah)
- Arab Saudi
- Uzbekistan
- Jepang

Pot 2:

- Australia
- Korea Selatan
- Irak
- Vietnam

Pot 3:

- Thailand
- Yordania
- Uni Emirat Arab
- Kuwait

Pot 4:

- Malaysia
- Tajikistan
- Timnas Indonesia U-23
- China.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More