Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia vs Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ranking FIFA terbaru negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) usai FIFA Matchday September 2023. Timnas Indonesia menjadi negara dengan lonjakan naik paling banyak.

Salah satu perubahan paling mencolok terjadi pada Timnas Indonesia, yang juga dikenal dengan julukan "Skuad Garuda."

Timnas Indonesia berhasil melonjak sebanyak empat posisi dalam peringkat FIFA, naik dari peringkat 150 ke peringkat 146 di tingkat dunia.

Kenaikan ini sejalan dengan tambahan poin sebesar 5,41 yang diperoleh setelah Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-0 melawan Timor Leste.

Selanjutnya, Timnas Vietnam yang diasuh oleh Philippe Troussier juga mengalami peningkatan peringkat. Mereka berhasil naik satu posisi dari peringkat 95 menjadi peringkat 94 dunia. Kenaikan ini diperoleh setelah Timnas Vietnam berhasil meraih kemenangan 2-0 melawan Palestina, yang memberikan tambahan poin sebesar 4,91.

Timnas Thailand juga berhasil meningkatkan peringkat mereka, naik satu posisi dari peringkat 112 ke peringkat 111 dunia. Kenaikan peringkat ini terjadi setelah Timnas Thailand berhasil meraih kemenangan 2-1 melawan Lebanon dan bermain imbang 1-1 melawan Irak, yang memberikan tambahan poin sebesar 6,83.

Namun, situasi berbeda terjadi pada Timnas Malaysia yang tetap bertahan di peringkat 136 dunia meskipun mendapatkan tambahan poin sebesar 3,33. Pada FIFA Matchday September 2023, Timnas Malaysia bermain imbang 2-2 melawan Suriah dan juga bermain imbang 1-1 melawan China.

Berikut adalah pembaruan lengkap peringkat FIFA negara-negara Asia Tenggara setelah FIFA Matchday September 2023:

Timnas Vietnam - Naik 1 Posisi (Peringkat 94)

Timnas Thailand - Naik 1 Posisi (Peringkat 111)

Timnas Filipina - Naik 3 Posisi (Peringkat 132)

Timnas Malaysia - Tertahan (Peringkat 136)

Timnas Indonesia - Naik 4 Posisi (Peringkat 146)

Timnas Singapura - Tertahan (Peringkat 158)

Timnas Myanmar - Turun 1 Posisi (Peringkat 161)

Timnas Kamboja - Turun 1 Posisi (Peringkat 177)

Timnas Laos - Naik 1 Posisi (Peringkat 186)

Timnas Brunei Darussalam - Turun 1 Posisi (Peringkat 191)

Timnas Timor Leste - Turun 1 Posisi (Peringkat 193)

Peningkatan peringkat ini menunjukkan perjuangan dan kinerja positif dari beberapa tim nasional di Asia Tenggara, sementara yang lain masih berusaha untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam kompetisi sepak bola internasional. Tetaplah mendukung tim nasional kesayangan Anda dalam perjalanan mereka untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi di tingkat dunia.

(Suara.com/Pebriansyah Ariefana)

Load More