Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pebulu tangkis muda Indonesia, Alwi Farhan, mendesak PSSI untuk memberi Shin Tae-yong kontrak seumur hidup dan melantiknya sebagai PNS usai membawa Timnas U-23 lolos Piala Asia U-23 2024.

Desakan ini terlihat dari kicauan pebulu tangkis tunggal putra berusia 18 tahun itu di media sosial Twitter (X), pasca Timnas Indonesia U-23 memastikan diri tampil di Piala Asia U-23 2024.

“SHIN TAE YONG KONTRAK SEUMUR HIDUP! JADI PNS JUGAKK!!,” bunyi kicauan Alwi Farhan tepat setelah laga Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan, Selasa (12/9) malam WIB.

Kicauan itu kemudian menghadirkan reaksi dari netizen Tanah Air yang mayoritas setuju dengan desakan dari Alwi Farhan kepada PSSI tersebut.

“Harus jadi WNI banggeettt sihh ini titik,” bunyi balasan akun @ma******g

“Ajak naturalisasi, bikinin KTP skalian,” bunyi balasan akun @Plu********12

Hingga artikel ini dibuat, kicauan Alwi Farhan yang mendesak agar Shin Tae-yong diberi kontrak seumur hidup dan diangkat menjadi PNS itu telah menuai 17 komentar, 124 Retweet, dan hampir 1000 likes.

Kicauan berupa desakan yang diberikan Alwi Farhan kepada Shin Tae-yong pun menjadi sebuah apresiasi yang diberikan oleh sesama pelaku olahraga.

Shin Tae-yong Cetak Rekor

Shin Tae-yong memang layak untuk diberi apresiasi besar usai Timnas Indonesia U-23 memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia U-23 2024.

Pasalnya, keberhasilan lolos ke Piala Asia U-23 merupakan keberhasilan perdana Timnas Indonesia U-23 selama bertarung di babak kualifikasi ajang tersebut.

Jauh sebelum itu, tak ada pelatih yang bisa membawa Timnas Indonesia U-23 menembus Piala Asia U-23 sejak pertama kali digelar pada 2013 lalu.

Alhasil, Shin Tae-yong pun mencetak rekor tak hanya bagi Timnas Indonesia U-23, melainkan juga bagi dirinya sendiri sebagai pelatih pertama yang membawa skuad Garuda Muda ke Piala Asia U-23.

Di sisi lain, keberhasilan Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024 juga menghadirkan rekor lainnya bagi juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Berkat keberhasilan itu, Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20 tampil di Piala Asia dalam waktu yang berdekatan.

Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2023 usai menjadi  Runner Up grup A di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada Juni 2022 lalu.

Kemudian, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-20 tampil di Piala Asia U-20 2023 usai juara grup F di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 pada September 2022 lalu.

Catatan itu dilanjutkan dengan keberhasilan lolos ke Piala Asia U-23 2024 usai Timnas Indonesia U-23 menjadi juara grup K di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada September 2023 ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More