Irwan Febri Rialdi
Dejan Antonic resmi menjadi pelatih baru klub China, Jinan Xingzhou. (Twitter/indostransfer)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Jinan Xingzhou, klub asal China yang kini menjadi pelabuhan baru pelatih dengan pengalaman segudang di Liga 1 Indonesia, yakni Dejan Antonic.

Kabar mengejutkan datang dari dataran China, di mana nama mantan pelatih PSS Sleman, yakni Dejan Antonic, resmi menjadi juru latih Jinan Xingzhou.

Kabar ini diketahui dari cuitan akun Twitter (X) bernama @indostransfer yang menyebutkan pelatih berpaspor Serbia itu menjadi nahkoda baru Jinan Xingzhou.

Disebutkan bahwa pelatih berusia 54 tahun itu akan menukangi Jinan Xingzhou di pertengahan kompetisi kasta kedua China, yakni China League One, di musim 2023 ini.

Penunjukkan eks pelatih Persib Bandung, Borneo FC, Madura United, PSS Sleman, dan Barito Putera itu dimaksudkan mengangkat performa Jinan Xingzhou.

Saat ini, tim yang baru promosi dari kasta ketiga itu berada di peringkat ke-7 China League One 2023, terpaut 14 poin dari peringkat dua, Sichuan Jiuniu, yang jadi batas terakhir untuk promosi.

Penunjukkan Dejan Antonic ini pun kemudian turut membawa Junan Xingzhou menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari pelabuhan baru Dejan Antonic di kasta kedua Liga China, yakni Jinan Xingzhou.

Klub Muda China

Jinan Xhingzou merupakan klub yang baru muncul di China. Diketahui, klub yang berbasis di ibu kota Provinsi Shandong ini baru berdiri pada tahun 2013 atau 10 tahun lalu.

Saat pertama berdiri, Jinan Xhingzou merupakan klub amatir di China dengan nama Jinan Phebe 88 FC yang kerap bertanding di kompetisi lokal tingkat amatir.

Setelah melakoni beberapa pertandingan, Jinan Phebe 88 FC ini kemudian berganti nama menjadi Jinan Icolog FC pada tahun 2014 lalu.

Hanya setahun kemudian atau pada tahun 2015, Jinan Icolog FC kembali berganti nama dengan menghapus kata ‘Jinan’ dan memilih menggunakan nama Shandong Vatage FC.

Nama ini bertahan hingga 2017, sebelum akhirnya pihak klub memilih menggunakan kata ‘Jinan’ dan menggunakan nama Jinan Xhingzou hingga saat ini.

Usai memiliki nama yang pas, Jinan Xhingzou bergerilya untuk naik ke kancah profesional. Sejarah mencatat, kiprah pertama klub ini di kancah profesional adalah bermain di kasta ketiga atau China League Two C.

Jinan Xhingzhou bermain di kasta ketiga itu pada musim 2021/2022 lalu dan berhasil menduduki puncak klasemen Division Dalian hingga berujung promosi ke kasta kedua atau China League One di tahun 2022.

Kini, Jinan Xhingzou pun tengah bertarung di China League One untuk mendapatkan satu dari dua tiket promosi ke Chinese Super League atau kasta teratas Liga China.

Dengan jarak 14 poin dari peringkat kedua, Jinan Xhingzou pun memutuskan merekrut Dejan Antonic untuk menggantikan pelatih lamanya, Xin Wei yang baru berhenti pada awal September 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More