Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Timnas Indonesia U-23 saat melawan China Taipei di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Skenario dan hitung-hitungan Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Apabila lagi apes-apesnya gagal meraih kemenangan, imbang saja sudah cukup bikin Garuda Muda lolos ke putaran final.

Timnas Indonesia U-23 tampil garang ketika melawan Taiwan di Stadion Manahan, Solo pada Jumat (9/9/2023). Tim asuhan Shin Tae-yong menang 9-0.

Pertanyaannya, seberapa besar peluang Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 pasca kemenangan besar tersebut?

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-23 masih harus menjalani satu laga penentuan kontra Turkmenistan U-23 untuk mengetahui peluang mereka lolos ke ajang tersebut.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 untuk sementara memuncaki klasemen Grup K dengan koleksi tiga poin dengan selisih gol +9.

Starting XI Timnas Indonesia U-23 di laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 kontra Taiwan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023) malam. [dok. PSSI]

Di bawah Indonesia, terdapat Turkmenistan yang mengoleksi poin setara yakni 3, tetapi cuma punya selisih gol +4 buah kemenangan 4-0 atas Taiwan.

Kini, dua tim tersebut akan saling bertemu dalam laga terakhir Grup K. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Selasa (12/9/2023) malam WIB.

Berikut Skema Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia U-23 2024:

Dengan hasil yang tercipta di laga pertama Grup K, Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang yang cukup besar untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Sebagai informasi, terdapat dua jalur agar sebuah tim bisa lolos ke ajang tersebut. Pertama, mereka harus menjadi juara grup dalam babak kualifikasi, dan kedua setidaknya menjadi satu dari empat runner-up terbaik.

Dengan syarat seperti itu, Timnas Indonesia U-23 berpeluang untuk lolos otomatis lewat jalur juara grup.

Merujuk klasemen sementara, terdapat dua skema yang bisa membawa Timnas Indonesia U-23 finis sebagai juara Grup K untuk otomatis lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Pertama, Timnas Indonesia U-23 secara sederhana hanya perlu mengalahkan Turkmenistan U-23 berapa pun skornya.

Hasil itu akan membuat skuad Garuda mengoleksi enam poin, unggul tiga poin dari Turkmenistan yang menduduki urutan kedua.

Sementara skema kedua adalah Timnas Indonesia U-23 setidaknya cukup menahan imbang Turkmenistan.

Meski poin kedua tim nantinya akan sama-sama empat, tetapi Timnas Indonesia U-23 berhak menduduki posisi juara Grup K karena unggul selisih gol +9 berbanding +4.

Load More