Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 saat melawan China Taipei di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mengupas susunan pemain Timnas Indonesia U-23 jelang menghadapi Turkmenistan di laga penentuan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Selasa (12/9) pukul 19.00 WIB.

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga hidup dan mati dalam usahanya lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 saat melakoni laga terakhir grup K kontra Turkmenistan.

Jelang duel ini, skuad besutan Shin Tae-yong itu hanya perlu terhindar dari kekalahan saat menghadapi Turkmenistan, atau minimal hanya butuh hasil imbang saja.

Timnas Indonesia U-23 hanya butuh hasil imbang setelah menang besar 9-0 atas Chinese Taipei. Hasil itu membuat skuad Garuda Muda duduk di puncak grup K, unggul selisih gol atas Turkmenistan.

Keunggulan selisih gol ini tak lepas dari hasil yang didapatkan Turkmenistan di laga perdana grup K atas Chinese Taipei, yakni dengan skor 4-0 saja.

Karena keunggulan selisih gol itu, Timnas Indonesia U-23 hanya perlu bermain imbang saja untuk mengunci juara grup K dan memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Sedangkan bagi Turkmenistan, kemenangan menjadi harga mati di laga terakhir grup K, sehingga diyakini tim besutan Ahmet Agamyradov, akan bermain mati-matian saat melawan Timnas Indonesia U-23.

Dengan adanya kemungkinan Turkmenistan bermain mati-matian, maka Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-23 diyakini juga akan memainkan skuad terbaiknya di laga nanti seperti laga kontra Chinese Taipei, tapi dengan perubahan formasi.

Gunakan Formasi 3 Bek?

Pada laga kontra Chinese Taipei, Shin Tae-yong memainkan formasi 4-4-2 untuk Timnas Indonesia U-23, dengan mengandalkan dua penyerang.

Di laga kontra Turkmenistan nanti, ada kemungkinan Shin Tae-yong akan mengandalkan dua penyerang lagi tapi menggunakan skema tiga bek dalam formasi 3-5-2.

Skema tiga bek ini akan membuat Timnas Indonesia U-23 unggul di sisi tengah dan dan juga unggul di sisi lapangan dengan pergerakan dua Wingback-nya.

Sehingga dari deretan pemain yang menjadi starter di laga kontra Chinese Taipei, ada kemungkinan Shin Tae-yong menepikan Witan Sulaeman dan menjadikannya Super Sub.

Untuk pos penjaga gawang, Ernando Ari Sutaryadi tetap akan menjadi pilihan utama. Nantinya, ia akan dikawal oleh tiga bek yakni Rizky Ridho, Elkan Baggott, dan Alfeandra Dewangga yang baru membela Timnas senior.

Sedangkan dua pos Wingback akan ditempati Pratama Arhan di sisi kiri dan Ilham Rio Fahmi di sisi kanan yang memang sudah akrab dengan posisi tersebut.

Nantinya, tiga gelandang tengah akan ditempati oleh Ivar Jenner sebagai pemain nomor 6, lalu Arkhan Fikri sebagai pemain nomor 8 atau Box to Box, dan Marselino Ferdinan sebagai pemain nomor 10 atau Playmaker.

Marselino Ferdinan pun akan bermain lebih ke depan dan menjadi penyokong duo penyerang, yakni Rafael Struick dan Ramadhan Sananta.

Dengan skema ini, Shin Tae-yong bisa mengeksplor kelemahan Turkmenistan yakni serangan balik cepat, mengingat lawannya itu akan tampil menyerang guna mencuri kemenangan.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-23 di laga terakhir grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 kontra Turkmenistan.

Timnas Indonesia U-23 (3-5-2):

Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga; Ilham Rio Fahmi, Arkhan Fikri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Rafael Struick, Ramadhan Sananta.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More