Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Hokky Caraka usai mencetak gol ke gawang China Taipei U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Penyerang Timnas Indonesia U-23, Hokky Caraka, menjadi buah bibir netizen usai melakukan selebrasi saat berhasil mencetak gol ke gawang Chinese Taipei di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Hokky Caraka melakukan selebrasinya saat mencetak gol di menit ke-79 lewat sontekannya di muka gawang memanfaatkan assist dari Jeam Kelly Sroyer.

Usai mencetak gol tersebut, penyerang milik PSS Sleman ini berselebrasi dengan menutup telinga dan menutup bibir dengan telunjuk di tangan kanan dan kirinya ke arah penonton di tribun.

Sontak selebrasi ini menjadi perbincangan netizen. Mayoritas pecinta sepak bola Tanah Air mengkritisi selebrasi penyerang berusia 19 tahun itu.

Pasalnya, selebrasi itu dianggap sebagai selebrasi provokasi, mengingat selebrasi itu biasa digunakan saat pemain mencetak gol di markas lawan yang dipenuhi suporter lawan.

Sedangkan Hokky Caraka menggunakan selebrasi itu di hadapan pendukung Timnas Indonesia U-23 yang memadati Stadion Manahan Solo, tempat pertandingan itu berlangsung.

Selebrasi itu pun kemudian berbuah sindiran dari netizen, terutama di media sosial Twitter atau X dan juga media sosial Instagram, terutama di akun milik Hokky Caraka sendiri.

“Gol oleh nemu aja banyak gaya, mukamu ky hokky!!!,” bunyi kicauan akun @AG**7 di media sosial Twitter atau X.

“Level pemain pro kalo masih belom bisa bedain antara psywar sama provokasi mah sungguh menyedihkan.  Karirmu masih panjang dek hokky, potensimu juga bagus, jangan sampe blunder. Banyak2 belajar sama mas @bepe20,” bunyi kicauan akun @M**5Ut**ri.

Tak hanya sindiran, ada pula beberapa netizen yang memberikan dukungan kepada Hokky Caraka atas selebrasi kontroversialnya itu.

“Kami di sisi Hokky. Selama ini dia selalu dalam posisi diam, tapi selebrasi itu adalah hakmu Tugasmu sekarang adalah belatih berlatih dan buktikan!!,” bunyi kicauan @ant*****ik76.

“Tidak ada yang salah dari selebrasi Hokky. Malah menunjukkan mentalnya yang kuat,” bunyi kicauan akun @Id***9.

Usai selebrasinya mendatangkan pro kontra, Hokky Caraka sendiri belum memberikan komentar apa-apa. Hanya saja, dirinya mengunggah sebuah Instagram Story di akunnya.

“Slowly-slowly pak driver (pelan-pelan pak supir),” bunyi Caption Instagram Story Hokky Caraka disertai fotonya dengan menggunakan jersey PSS Sleman dan gestur telapak tangan di balik telinga.

Terlepas dari kontroversinya selebrasinya itu, gol yang dibuat Hokky Caraka memberikan sumbangsih atas kemenangan 9-0 Timnas Indonesia U-23 atas Chinese Taipei.

Selain Hokky Caraka, gol  Timnas Indonesia U-23 lainnya dicetak oleh dua gol Marselino Ferdinan, dan satu gol dari Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Rio Fahmi, Elkan Baggott, dan Pratama Arhan.

Berkat kemenangan 9-0 itu, Timnas Indonesia pun berpeluang besar lolos ke Piala Asia U-23 2024 dengan status juara grup K di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 bakal dipastikan lolos ke Piala Asia U-23 andai bisa menang atau bermain imbang atas Turkmenistan di laga terakhir grup K, Selasa (12/9) pukul 19.00 WIB.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More