Irwan Febri Rialdi | Rully Fauzi
Selebrasi Dendy Sulistyawan usai menjebol gawang Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan 2-0 atas Turkmenistan dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam. Meski hanya uji coba, laga ini penting dimenangkan untuk menaikkan ranking FIFA Indonesia.

Satu-satunya gol Timnas Indonesia dicetak oleh penyerang Bhayangkara FC, Dendy Sulistyawan pada menit ke-19.  Ia melesakkan tendangan geledek.

Timnas Indonesia turun dengan patron 3-5-2 di laga ini, dengan bek kanan Sandy Walsh melakoni debutnya dengan diplot sebagai salah satu dari trio bek tengah.

10 menit awal, Timnas Indonesia tampak mengontrol ball possession dengan pemain-pemain seperi Sandy Walsh, Jordi Amat, serta Alfeandra Dewangga di lini belakang, plus nama-nama macam Marc Klok dan Adam Alis di lini tengah.

Sementara Saddil Ramdani dengan kecepatannya mampu cukup merepotkan pertahanan Turkmenistan.

Menit ke-19, sebuah tendangan geledek Dendy Sulistyawan mampu merobek jala gawang Turkmenistan.

Dendy sendiri cukup jeli melihat posisi kiper Babayev Batyr yang agak maju dari mulut gawangnya. Sang kiper pun tak bisa menjangkau bola sepakan Dendy.

Setelah gol Dendy, kedua kesebelasan lebih sering berebut bola di lini tengah. Beberapa penetrasi sempat mencapai kotak penalti, tetapi relatif tidak ada yang berbahaya.

Baru setelah menit ke-35, kedua tim cukup berani saling jual-beli serangan. Namun hingga half-time, skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia tetap bertahan.

Di babak kedua, beberapa pergantian dilakukan oleh Shin Tae-yong. Gol tambahan Garuda dilesakkan oleh Egy Maulana Vikri dengan gaya ala 'Arjen Robben'. Kemenangan 2-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia XI (3-5-2): Nadeo Argawinata; Alfeandra Dewangga, Jordi Amat, Sandy Walsh; Asnawi Mangkualam, Adam Alis, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Edo Febriansyah; Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Turkmenistan XI (4-4-2): Babayev Batyr; Annagulyev Guychmtr, Bashimov Abdy, Mammedov Ybrayym, Soyunov Shohrat; Annev myrat, Ballakov Velmyrat, Mingazov Ruslan, Tamurklin Ilya; Tagayev Elman, Tirkishov Shanazar.

Pelatih: Orazov Mergen

Load More