Irwan Febri Rialdi
Suasana Stadion Maguwoharjo, Sleman sepi usai BCS nyatakan boikot laga PSS Sleman di Piala Presiden. [Andiarsa Nata/Bolatimes.com]

Bolatimes.com - Berikut tiga klub yang menggunakan Stadion Maguwoharjo sebagai Home Base atau kandang guna menggelar pertandingan, di mana yang terbaru adalah kontestan Liga 2 2023/2024.

Stadion Maguwoharjo menjadi salah satu stadion yang sibuk di Indonesia. Tak hanya pertandingan domestik, stadion yang bertempat di Sleman ini juga pernah menggelar pertandingan internasional.

Pada pertandingan domestik, stadion yang dijuluki Mini San Siro ini kerap menggelar pertandingan-pertandingan yang melibatkan PSS Sleman.

Sedangkan di pertandingan skala internasional, Stadion Maguwoharjo pun terbilang kerap menjadi markas Timnas Indonesia baik di level senior maupun kelompok umur.

Di level senior, Stadion Maguwoharjo pernah menyajikan duel Timnas Indonesia melawan Yaman, Vietnam, Puerto Rico, dan bahkan Islandia.

Lalu di tim nasional level kelompok umur, Stadion Maguwoharjo pernah menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 2022 beberapa waktu lalu.

Karena fasilitas yang sudah standar internasional, Stadion Maguwoharjo nyatanya juga kerap menjadi dipilih oleh klub-klub Indonesia sebagai Home Base-nya.

Di tahun 2023 ini saja, tercatat sudah ada tiga klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo tersebut. Lantas, klub mana saja itu?

1. PSS Sleman

Klub yang paling identik dengan Stadion Maguwoharjo tentunya adalah PSS Sleman. Tercatat, klub berjuluk Super Elang Jawa itu sudah bermarkas di stadion ini sejak 2007 silam.

Sebelumnya, PSS Sleman sendiri bermarkas di Stadion Tridadi. Tapi setelah Stadion Maguwoharjo mengalami pembenahan akibat gempa bumi pada 2006, Super Elang Jawa pun hijrah ke stadion itu.

Hingga saat ini, PSS Sleman masih menjadi ‘pemilik’ stadion yang dibangun oleh Pemkab Sleman sebagai dukungan terhadap Super Elang Jawa di Liga Indonesia.

2. RANS Nusantara FC

Di Liga 1 2023/2024 ini, Stadion Maguwoharjo tak hanya menjadi kandang PSS Sleman semata, melainkan juga RANS Nusantara FC.

Di musim sebelumnya, tim berjuluk The Prestige Phoenix ini bermarkas di Stadion Pakansari, Bogor. Tapi sang Presiden, Raffi Ahmad, memutuskan untuk pindah kandang ke Stadion Maguwoharjo musim ini.

Alasan pemilihan Stadion Maguwoharjo sebagai kandang RANS tak lepas dari Stadion Pakansari yang tengah direnovasi. Selain itu, stadion di area Jabodetabek juga sudah ditempati oleh beberapa klub.

3. PSKC Cimahi

Terbaru ada klub Liga 2 2023/2024 yakni PSKC Cimahi yang menjadikan Stadion Maguwoharjo sebagai kandangnya di musim ini.

Hanya saja, PSKC Cimahi tak akan bermarkas di Stadion Maguwoharjo sepanjang musim 2023/2024, melainkan hanya di pekan pertama saja saat menghadapi Malut United FC.

Setelah menggelar laga kandang pertama di Stadion Maguwoharjo, nantinya tim berjuluk Laskar Sangkuriang itu akan bermarkas di Stadion Siliwangi, Bandung.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More