Irwan Febri Rialdi
CEK FAKTA: Malaysia dan Singapura Keluar dari AFF sebagai Bentuk Solidaritas ke Indonesia. (YouTube/RM-sport)

Bolatimes.com - Beredar informasi jika Malaysia dan Singapura keluar dari ASEAN Football Federation (AFF) sebagai bentuk solidaritas terhadap Indonesia. Benarkah informasi tersebut?

Informasi tersebut diedarkan oleh kanal YouTube RM-sport yang terlihat dari Thumbnail dan judul di video yang diunggahnya pada 1 September 2023.

Dalam Thumbnail video, tertulis jika Malaysia dan Singapura ikuti jejak Indonesia dan AFF tak menyangka akan bubar. Hal senada juga tertulis dalam judul video unggahan RM-sport.

“Pertama Terjadi! Bentuk solderitas Singapura & Malaysia Keluar AFF Alasannya Bikin Haru, AFF Bangkrutm” bunyi judul video unggahan RM-sport.

Hingga artikel ini dibuat, Kamis (7/9) siang WIB, video unggahan kanal YouTube RM-sport itu sudah ditonton sebanyak 44 ribu kali dan menuai 120 komentar dari netizen.

PENJELASAN

Video unggahan kanal YouTube RM-sport dibuka dengan narasi AFF yang mulai panik terhadap bentuk solidaritas dari Malaysia dan Singapura yang ikuti jejak Indonesia keluar dari AFF.

Lalu narasi dilanjutkan dengan pertandingan final Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam yang diklaim RM-sport sarat akan kontroversi.

Kontroversi itu diklaim datang dari keputusan-keputusan wasit yang dinilai tidak Fair Play, sehingga RM-sport mengklaim Indonesia mengancam keluar dari AFF.

Ancaman itu diklaim membuat Malaysia dan Singapura akan mengikuti jejak Indonesia keluar dari AFF sebagai bentuk solidaritas.

Bahkan, RM-sport mengutip dan menyertakan pernyataan petinggi Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), yakni Datuk Hamidin Mohd Amin, serta petinggi Federasi Sepak Bola Singapura (FAS), Zainudin bin Nordin.

Dalam video itu, RM-sport menyebutkan Datuk Hamidin dan Zainudin bin Nordin menegaskan keluar dari AFF karena keputusan-keputusan kontroversial wasit yang dianggap tidak adil.

KESIMPULAN

Berdasarkan Thumbnail, judul, serta isi video unggahan kanal YouTube RM-sport, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diberikan terbilang menyesatkan.

Informasi ini terbilang menyesatkan karena tak ada konfirmasi dari PSSI mengenai niatan Indonesia keluar dari AFF pasca final Piala AFF U-23 2023.

Lalu, klaim bahwa Malaysia dan Singapura juga akan keluar dari AFF sebagai bentuk solidaritas terhadap Indonesia sama sekali tak berdasar dan tak memiliki sumber kredibel.

Terlebih, tak ada satupun pernyataan yang keluar dari petinggi FAM, Datuk Hamidin, dan petinggi FAS, Zainudin bin Nordin, terkait ancaman keduanya keluar dari AFF seperti narasi video dari RM-sport.

Berdasarkan penjelasan dan kesimpulan di atas, maka informasi yang disebarkan oleh kanal YouTube RM-sport masuk dalam kategori hoaks karena tak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More