Irwan Febri Rialdi
Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Berikut hasil pertandingan yang didapat para negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) saat bertarung di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di mana setiap wakilnya mendapatkan hasil yang berbeda.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 telah resmi digulirkan sejak Rabu (6/9) kemarin. Sebagian kontestan dari grup A hingga grup K pun sudah melakoni pertandingan perdananya di fase grup.

Dari 43 tim yang bertarung di ajang ini, 11 di antaranya adalah negara-negara asal Asia Tenggara yang tersebar di grup A, B, C, F, H, I, J, dan K.

Dari 11 negara Asia Tenggara itu, hanya Timnas Indonesia U-23 saja yang ada di grup K dan belum menjalani pertandingan perdananya di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Rabu (6/9).

Sedangkan 10 negara Asia Tenggara lainnya sudah mencicipi laga perdana dan mendapatkan hasil yang bisa dikatakan kontras antara satu dan lainnya.

Hasil kontras ini terlihat dari grup H di mana Thailand secara perkasa mampu membungkam wakil ASEAN lainnya, Filipina, dengan skor 5-0.

Lalu Malaysia yang juga berada di grup H bersama Thailand dan Filipina, juga mampu meraih kemenangan meyakinkan atas Bangladesh di laga perdananya dengan skor 2-0.

Vietnam yang berada di grup C pun juga mampu mengikuti jejak Thailand dan Malaysia dengan meraih kemenangan 6-0 di laga perdana atas Guam.

Kemenangan yang didapat Thailand, Malaysia, dan Vietnam ini berbanding terbalik dengan nasib kontestan ASEAN lainnya seperti Brunei Darussalam dan Laos.

Brunei Darussalam yang tergabung di grup A, harus puas menjadi bulan-bulanan di laga perdananya dengan menelan kekalahan 0-9 dari Yordania.

Sedangkan Laos juga harus menerima kenyataan pahit usai dihajar habis-habisan oleh Australia dengan skor 1-7 saat menjalani laga perdana grup I.

Kekalahan yang diderita Filipina, Brunei, dan Laos ini juga diikuti oleh Timor Leste di grup F yang kalah 0-4 dari Kuwait serta Singapura di grup C yang tumbang 0-2 dari Yaman.

Di sisi lain, Myanmar dan Kamboja membuat kejutan di laga perdana grup B dan grup J, usai bermain imbang 1-1 dengan Kirgizstan dan 2-2 dengan Lebanon.

Berikut hasil lengkap negara-negara ASEAN di laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 per Rabu (6/9) kemarin.

Grup A:

Yordania 9 – 0 Brunei Darussalam

Grup B:

Myanmar 1 – 1 Kirgizstan

Grup C:

Singapura 0 – 2 Yaman
Vietnam 6 – 0 Guam

Grup F:

Kuwait 4 – 0 Timor Leste

Grup H:

Bangladesh 0 – 2 Malaysia
Thailand 5 – 0 Filipina

Grup I:

Laos 1 – 7 Australia

Grup J:

Kamboja 2 – 2 Lebanon

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More