Irwan Febri Rialdi
CEK FAKTA: Pelatih Turkmenistan Anggap Indonesia Negara Miskin hingga Dibikin Kaget dengan Megahnya GBK. (YouTube/ BERITA TIMNAS)

Bolatimes.com - Beredar informasi jika pelatih Turkmenistan, Mergen Orazov, menganggap Indonesia negara miskin sebelum akhirnya dibikin kaget dengan Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Benarkah?

Informasi tersebut diedarkan oleh kanal YouTube BERITA TIMNAS lewat judul dan Thumbnail untuk video yang diunggahnya tersebut.

Dalam Thumbnail video, terlihat judul pelatih Turkmenistan dibuat takjub dengan megahnya Stadion GBK. Sedangkan dari judul videonya, Mergen Orazov disebutkan mengira Indonesia negara miskin.

“AWALNYA DIKIRA INDONESIA NEGARA MISKIN!! PELATIH TURKMENISTAN KAGET KARENA HAL INI,” bunyi judul video unggahan kanal YouTube BERITA TIMNAS.

(https://youtu.be/panF4tIs_XY)

Hingga artikel ini dibuat, yakni Kamis (7/9) siang WIB, video unggahan BERITA TIMNAS itu sudah ditonton sebanyak 37 ribu kali lebih dan menuai 49 komentar dari netizen.

PENJELASAN

Video unggahan kanal YouTube BERITA TIMNAS itu dibuka dengan narasi pelatih Turkmenistan dibuat takjub dengan Stadion GBK sehingga memberikan komentarnya ke publik.

Lalu narasi dilanjutkan dengan klaim bahwa Timnas Turkmenistan sudah tiba di Jakarta dan menjajal lapangan Stadion GBK untuk melakukan latihan ringan sebelum bertolak ke Surabaya.

Dalam sesi latihan ringan itu, disebutkan bahwa Mergen Orazov selaku pelatih Turkmenistan terkesan dengan keindahan dan kemegahan Stadion GBK.

Mergen Orazov bahkan diklaim memuji kualitas serta fasilitas Stadion GBK, seperti rumput yang digunakan dalam sesi latihan ringan itu.

Tak hanya Mergen Orazov, kanal YouTube BERITA TIMNAS juga mengklaim kapten Turkmenistan ikut memberi pujian kepada Stadion GBK dan berharap duel melawan Timnas Indonesia bisa dilakukan di stadion ini ke depannya.

KESIMPULAN

Berdasarkan Thumbnail, judul, serta isi video yang diunggah kanal YouTube BERITA TIMNAS, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diedarkan terbilang menyesatkan.

Klaim bahwa pelatih Turkmenistan menganggap Indonesia negara miskin tak tertuang sama sekali dalam narasi video yang diunggah kanal YouTube BERITA TIMNAS.

Selain itu, kabar bahwa Turkmenistan berlatih ringan di Stadion GBK pun tak sesuai dengan fakta yang ada, mengingat tak adanya laporan mengenai sesi latihan ringan di stadion tersebut.

Justru dari berbagai sumber yang ada, Turkmenistan langsung bertolak ke Surabaya sesaat setelah tiba di Jakarta karena venue pertandingan melawan Timnas Indonesia akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Di samping itu, tak ada sama sekali laporan mengenai komentar pelatih Turkmenistan yang memuji Stadion GBK. Jikapun ada, hal tersebut terjadi pada 2011 silam, yakni saat masih dilatih Hojageldiyev Yazguly, bukan Mergen Orazov seperti saat ini.

Berdasarkan penjelasan dan kesimpulan di atas, maka informasi yang disebarkan kanal YouTube BERITA TIMNAS masuk dalam kategori hoaks karena tak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More