Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Bek Jay Idzes dan Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengumumkan bahwa Jay Idzes sebagai calon pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Menariknya, pemain Venezia itu disebut dibidik juga oleh Timnas Belanda.

Ini seperti tertuang dalam keterangan pers di laman PSSI, Rabu (6/9/2023). Dalam artikelnya, PSSI menyebut Jay Idzes tengah dalam bidikan tim nasional Belanda.

Namun, sang pemain lebih memilih memperkuat Timnas Indonesia. Bukan tanpa sebab, ini karena peluang tampilnya lebih besar.

Erick Thohir dan Jay Idzes akhirnya bertemu (Instagram/erickthohir)

"Jay Idzes yang masih berusia 23 tahun juga dibidik timnas Belanda. Namun dia memilih peluang bersama timnas Indonesia yang lebih memungkinkannya rutin bermain di level negara," tulis pernyataan PSSI.

Jay Idze disiapkan oleh PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia senior di berbagai kejuaraan. Usianya yang terbilang muda, ia dinilai punya potensi memajukan sepak bola Tanah Air.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia,” ujar Erick Thohir.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan Insya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," sambungnya.

Jay Idzes merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Ia lahir di Belanda, di mana kedua orang tuanya tinggal.

Jay Idzes sudah bermain sepakbola sejak usia 7 tahun. Awal karier sepakbola dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo.

Dia bermain selama 1,5 tahun di tim itu. Di usia 9 tahun, Jay dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven. Ia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014.

Bertahan 2 tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior. Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan.

Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Kemudian, Jay Idzes pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia di mana kontraknya hingga 2027.

Load More