Irwan Febri Rialdi
Nathan Tjoe-A-on gabung Swansea City. (Instagram/@swansofficial)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkarier bersama Swansea City, Nathan Tjoe-A-On, telah melempar kode kepada PSSI soal keinginannya memperkuat Timnas Indonesia.

Keinginan Nathan Tjoe-A-On ini ternyata juga sudah didengar oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut, dirinya telah mengetahui soal nama pemain ini.

“Pemain tersebut memang tertarik untuk menjalani proses naturalisasi. Dia juga sepakat dan setuju untuk mengganti kewarganegaraannya jadi WNI,” ujar Shin Tae-yong.

Akan tetapi, STY tak akan langsung begitu saja memberikan kata setuju. Sebab, dia masih harus melihat secara langsung kualitas permainan Nathan Tjoe-A-On sebelum benar-benar diproses menjadi WNI.

“Namun, saya memang belum bisa memberikan keputusannya sekarang, sebelum saya melihat langsung permainannya seperti apa,” tutur Shin Tae-yong.

“Dan setelah saya melihat kualitasnya seperti apa, kami akan membicarakannya dengan Ketua Umum PSSI baru diputuskan selanjutnya bagaimana. Apakah dilanjutkan atau tidak,” imbuhnya.

Profil Nathan Tjoe-A-On

Sebagai informasi, Nathan Tjoe A-On merupakan pemain yang diketahui lahir dan dibesarkan di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ituå usianya baru menginjak 21 tahun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Football Talentnesia, Nathan Tjoe A-On pernah menyampaikan pengakuan bahwa dirinya memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek yang telah lama menetap di Belanda.

Secara postur, Nathan memang cukup ideal. Sebab, tingginya mencapai 182 cm. Salah satu kelebihannya ialah Nathan Tjoe A-On bisa bermain di sejumlah posisi, baik itu bek tengah, kiri, ataupun kanan. 

Dari informasi yang beredar, Nathan mengawali perjalanannya berlatih sepak bola bersama klub sepak bola Bernama VV Nieuwerkerk saat masih berusia sembilan tahun. Artinya, dia sudah ditempa sejak tahun 2010 hingga 2013.

Pada tahun 2013, dia memutuskan pindah ke akademi milik Excelsior pada 2013. Setelah bertahun-tahun ditempa di akademi, ia akhirnya mendapatkan kontrak pertama ya dari klub ini pada 2019.

Nathan sempat harus absen selama 14 bulan karena menderita cedera. Baru pada musim 2021-2022, dia mulai mendapatkan tempat utama di klubnya tersebut. Pada musim inilah, dia ikut membantu timnya merebut tiket promosi ke kasta kedua Liga Belanda.

Jika memperhitungkan jam terbangnya, Nathan memang sudah punya pengalaman berkarier di kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda, atau yang kerap dikenal sebagai Eredivisie.

Kiprah itu dicatatkan Nathan saat memperkuat Excelsior Rotterdam.

Sementara pada bursa transfer musim panas lalu, pemain berusia 21 tahun ini memutuskan untuk menerima tantangan baru bersama klub kasta kedua Liga Inggris, Swansea City. Namun, hingga saat ini dia belum mengenyam menit bermain.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More