Irwan Febri Rialdi
China Taipei saat melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Timnas China Taipei U-23 menjadi salah satu kontestan yang punya catatan menarik di KuliahanKualifikasi Piala Asia U-23 2024. Sebab, 19 dari 23 nama pemain yang dibawa berstatus sebagai anak kuliahan.

Maksudnya, 19 pemain Timnas China Taipei U-23 tersebut merupakan atlet kampus. Mereka sebagian besar bermain untuk klub-klub yang berada di bawah naungan perguruan tinggi dan dibawa ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

National Taiwan Sports University menjadi klub yang paling banyak menyumbang pemain untuk Timnas China Taipei U-23. Sebab, setidaknya ada lima pemainnya yang bergabung dengan skuad ini.

Kemudian, ada pula Taipei City University yang sama-sama menyumbang lima pemain. Berikutnya, Ming Chuan University mengirimkan empat pemain untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Berikutnya, ada dua pemain yang berasal dari Fu Jen Catholic University School, serta satu nama pemain yang memperkuat Qiaoguang University of Science and Technologi.

Selain pemain-pemain yang bergabung dengan kampus dalam negeri, Timnas China Taipei U-23 juga memanggil pemainnya yang tengah belajar di Jepang dan aktif mengikuti kompetisi antarkampus.

Setidaknya ada dua pemain yang masing-masing berstatus sebagai penggawa Sendai University dan Komazawa University di Tokyo. Dengan demikian, hanya ada empat pemain yang berstatus sebagai pesepak bola profesional.

Mereka adalah Ying Jibao, Huang Weijie, Yuan Yongcheng, dan Futuro FC. Pada kejuaraan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ini, Timnas China Taipei U-23 akan diasuh oleh Tseng Tai-lin.

Tseng Tai-lin memiliki rekam jejak yang cukup apik saat masih aktif bermain. Pengalamannya itulah yang membuat Timnas Indonesia U-23 patut berhati-hati saat berjumpa Timnas China Taipei U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-23 akan bersaing dengan China Taipei dan Turkmenistan di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Semua pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Adu strategi antara Shin Tae-yong dengan Tseng Tai-lin bakal tersaji pada 9 September 2023. Pertandingan ini bakal menentukan nasib Timnas Indonesia U-23 yang berambisi lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Setelah duel melawan skuad asuhan Tseng Tai-lin itu, skuad Garuda Muda akan kembali menguji kekuatan Timnas Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan, Solo, pada 12 September 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More