Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Timnas Turkmenistan U-23. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Turkmenistan memiliki situasi yang sama dengan Indonesia menjelang duel pada FIFA Matchday 2023, yakni para bintang mudanya harus absen lantaran fokus ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Sebagaimana diketahui, Turkmenistan akan melawan timnas Indonesia di FIFA Matchday pada 8 September 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Kemudian pada 12 September, timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Turkmenistan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong pun membagi dua tim jelang agenda tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu tidak memanggil pemain U-23 ke tim senior agar bisa fokus.

Misalnya Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Ivar Jenner, hingga Rafael Strucik masuk ke timnas Indonesia U-23.

Ternyata cara Shin Tae-yong tersebut juga dilakukan pelatih Turkmenistn senior, Mergen Orazov. Ia merelakan banyak pemainnya untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Mergen Orazov sendiri mengakui bahwa tim senior Turkmenistan banyak mengandalkan pemain muda. Nah, dengan situasi itu maka ia rela tidak memanggilnya ke tim utama.

"Banyak pemain timnas akan bergabung ke tim Olimpiade (U-23) dan staf pelatih akan memiliki kesempatan untuk menguji pemain lain," ucap Mergen Orazov dikutip dari Orient, Kamis (31/8/2023).

Nah, Orazov mengatakan bahwa ia akan memanggil pemain terbaiknya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.

Load More