Irwan Febri Rialdi
Striker Persija Jakarta, Aji Kusuma. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Ada 24 pemain yang sudah diumumkan oleh PSSI untuk membela Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday melawan Turkmenistan.

Pertandingan FIFA Matchday ini bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 8 September 2023 mendatang.

Dari ke-24 nama tersebut, sebanyak lima pemain abroad masuk dalam skuad. Mereka diantaranya Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

Menariknya, ada beberapa pemain debutan yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat skuad Garuda melawan Turkmenistan nanti.

Lantas, siapa saja pemain debutan tersebut?

1. Wahyu Prasetyo

Penampilannya konsisten Wahyu Prasetyo bersama PSIS Semarang di Liga 1 2023/24 nyatanya mencuri perhatian Shin Tae-yong.

Bek dengan postur 180 cm ini punya julukan Wahyu ‘Hulk’ Prasetyo. Ini menjadi pemanggilan pertama bagi pemain 25 tahun itu di semua level usia Timnas Indonesia.

Selama Liga 1 2023/24 berjalan, Wahyu selalu menjadi pilihan utama lini belakang PSIS dengan catatan 10 penampilan dan menorehkan satu assist.

2. Ryan Kurnia

Dari sektor gelandang, Shin Tae-yong memanggil pemain Persib Bandung, Ryan Prasetyo. Ia menjadi salah satu dari empat pemain Pangeran Biru yang dipanggil Shin.

Bagi pemain berusia 27 tahun itu, ini menjadi panggilan pertamanya memperkuat Timnas Indonesia. Oleh karena itu, ini menjadi impian yang jadi kenyataan buat Ryan.

Di musim ini sendiri, pemain kelahiran Bogor tersebut cukup mendapat kesempatan bermain dengan catatan 8 penampilan dan torehan satu gol.

3. Aji Kusuma

Untuk sektor penyerang, Shin Tae-yong menjajal kemampuan striker Persija Jakarta ini. Dengan postur 177 cm, Aji bisa menjadi opsi untuk permainan Timnas Indonesia di lini depan.

Ini juga menjadi panggilan membela Timnas Indonesia pertama kalinya buat Aji Kusuma di semua level usia.

Sejak musim lalu, Aji Kusuma memang menunjukkan potensinya. Musim lalu di Liga 1 ia mencetak 3 gol dari 16 penampilan, sementara di musim ini belum mencetak gol dari 8 pertandingan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More