Rauhanda Riyantama
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang pertandingan menghadapi Malaysia di ajang Piala AFF U-23, Kamis (17/08/2023). (ANTARA/HO-PSSI)

Bolatimes.com - Terdapat tiga rekor yang bisa dipecahkan oleh Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, kendati dirinya belum pernah memberikan gelar apapun untuk tim Merah Putih.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia, baik senior maupun kelompok umur, pada akhir tahun 2019 lalu, Shin Tae-yong memang belum pernah membawa timnya meraih gelar juara.

Dalam beberapa kejuaraan yang diikuti, yakni kejuaraan di level Asia Tenggara, juru taktik asal Korea Selatan itu tak mampu meraih trofi ataupun medali emas.

Baca Juga:
Resmi, Berikut Daftar 24 Pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday September

Tercatat, pencapaian terbaik Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia senior dan kelompok umur adalah menjadi Runner Up pada ajang Piala AFF 2020 dan Piala AFF U-23 2023.

Pada Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia senior harus menjadi Runner Up usai tumbang dengan agregat 2-6 dari Thailand di partai final.

Sedangkan di Piala AFF U-23 2023 kemarin, Shin Tae-yong lagi-lagi gagal menjadi juara usai Timnas Indonesia U-23 takluk dari Vietnam di final lewat adu penalti.

Baca Juga:
Persija Jakarta Tak Kunjung Menang meski Tak Lepas Pemain ke Piala AFF U-23

Catatan Shin Tae-yong ini bahkan membuatnya dibandingkan dengan Indra Sjafri yang telah membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas di SEA Games 2023 lalu.

Meski belum pernah mempersembahkan gelar juara, Shin Tae-yong tetap memberi dampak penting ke Timnas Indonesia hampir selama empat tahun kiprahnya di Tanah Air.

Setidaknya dampak penting ini terlihat dari tiga rekor yang masih berpotensi dipecahkan oleh Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Apa saja rekor itu?

Baca Juga:
Shin Tae-yong Pastikan Tak Ada Pemain yang Masuk dalam 2 Skuat untuk FIFA Matchday dan Kualifikasi Piala Asia U-23

1. Bawa Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia U-23 2024

Dalam sejarahnya, Timnas Indonesia U-23 belum pernah lolos ke ajang Piala Asia U-23 yang pertama kali digelar pada tahun 2013 silam.

Tapi kini Shin Tae-yong berpotensi membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke ajang tersebut untuk pertama kalinya yang akan digelar pada 2024 mendatang.

Baca Juga:
17 Pemain yang Dipastikan Bela Timnas Indonesia di FIFA Matchday September, Ada Sandy Walsh

Kesempatan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-23 lolos Piala Asia U-23 2024 terbuka lebar, mengingat Garuda Muda akan bermain di Tanah Air dan hanya perlu mengalahkan Turkmenistan dan Chinese Taipei saja.

2. Bawa Timnas Indonesia ke Babak Gugur Piala Asia 2023

Shin Tae-yong juga punya kesempatan menorehkan rekor sebagai pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia lolos dari fase grup ke babak gugur atau Knock Out Piala Asia.

Timnas Indonesia tercatat sudah empat kali bermain di Piala Asia, yakni pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. Tapi dalam empat kali kesertaannya itu, skuad Garuda tak pernah lolos dari babak grup.

Kini jelang penampilan kelimanya, Shin Tae-yong berpotensi membawa Timnas Indonesia lolos babak grup pertama kalinya, andai bisa melewati hadangan Jepang, Irak, dan Vietnam.

3. Bawa Timnas Indonesia ke 3 Piala Asia Berbeda

Jika berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024, maka Shin Tae-yong akan jadi pelatih pertama yang membawa tim Merah Putih ke tiga Piala Asia berbeda, yakni level U-20,level U-23, dan senior.

Shin Tae-yong tercatat mampu membawa Timnas Indonesia U-20 lolos Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan beberapa waktu lalu.

Bahkan, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar pada Januari 2024 mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More