Irwan Febri Rialdi
Striker Persija Jakarta, Aji Kusuma. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara mengejutkan memanggil striker Persija Jakarta, Aji Kusuma, untuk menghadapi Turkmenistan pada FIFA Matchday periode September 2023.

Sejauh ini, Persija Jakarta maupun PSSI memang belum mengumumkan secara resmi soal daftar pemanggilan Aji Kusuma ke Timnas Indonesia. Namun, kabar itu sudah bocor dan tersebar luas di publik.

Sejatinya, sudah ada beberapa klub yang merilis nama-nama pemainnya yang mendapat panggilan Timnas Indonesia di FIFA Matchday. Persija Jakarta masih belum memberikan rilis resmi, termasuk soal nama Aji Kusuma.

Sebetulnya, keputusan Shin Tae-yong memanggil Aji Kusuma ini tentu sangat mengejutkan publik pecinta sepak bola. Yang pertama, striker asal Persija Jakarta ini adalah salah satu wajah baru di skuad Timnas Indonesia. 

Selain itu, penyerang berusia 24 tahun itu juga belum memiliki penampilan yang ciamik bersama Macan Kemayoran di kompetisi Liga 1 2023/2024. Hal itu dapat dilihat dari statistiknya bersama Persija.

Sejauh ini, pemain asal Pekanbaru itu sudah mencatatkan delapan penampilan dari 10 pertandingan yang dijalani Persija Jakarta di Liga 1 2023/2024. 

Menariknya, Aji hanya satu kali bermain sebagai starter. Momen itu terjadi ketiak Persija Jakarta bertandang ke markas Persita Tangerang pada pekan keempat. Hasilnya, anak asuh Thomas Doll kalah 0-1.

Selebihnya, Aji Kusuma hanya bermain sebagai pemain pengganti saja. Menit bermain yang diperoleh mantan penyerang Persiba Balikpapan ini juga terhitung minim.

Alhasil, tak ada satu pun gol dan assist yang bisa dipersembahkan pemain berusia 24 tahun itu untuk Macan Kemayoran pada musim ini. Fakta itu memang cukup kontras dengan penampilannya musim lalu.

Sebab, Aji Kusuma bisa mencetak tiga gol dari 16 penampilannya bersama Persija Jakarta di putaran kedua Liga 1 2022/2023. Sedangkan saat memperkuat Persiba, dia mencetak tiga gol dan satu assist hanya dari enam laga di Liga 2.

Tentu saja, patut dinantikan kiprah Aji Kusuma bersama Timnas Indonesia. Jajaran tim pelatih yang dikomandoi Shin Tae-yong tentu punya alasan tersendiri mengapa memutuskan memanggil pemain ini.

Statistik Aji Kusuma Bersama Persija Jakarta

Main: 8 Kali

Starter: 1 Kali

Menit: 195 Menit

Gol: -

Assist: - 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More