Irwan Febri Rialdi
Bek PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo. (Instagram/prast_wahyu)

Bolatimes.com - Bek PSIS Semarang, Wahyu ‘Hulk’ Prasetyo, akhirnya mendapatkan panggilan pertamanya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dia resmi dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi FIFA Matchday periode September 2023.

Kabar pemanggilan Wahyu ‘Hulk’ Prasetyo ini sudah disampaikan secara resmi oleh PSIS Semarang. Manajemen mendapatkan surat dengan nomor 3327/AGB/511/VIII-2023, yang berisi pemanggilan Timnas Indonesia untuk laga kontra Turkmenistan.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, merasa sangat bangga dengan kabar pemanggilan anak asuhnya ini. Dia berharap, Hulk bisa mendapatkan pengalaman baru bersama Timnas Indonesia.

“PSIS tentu bangga dengan pemanggilan ini. Apalagi ini baru pertama untuk Hulk (red-sapaan akrab Wahyu Prasetyo),” kata Yoyok Sukawi pada Senin (28/8/2023).

Dan ini harus jadi motivasi untuk pemain lainnya supaya bisa selalu menampilkan penampilan terbaik dan dilirik coach Shin Tae-yong untuk Timnas,” tambahnya.

Sementara itu, Wahyu Prasetyo juga siap menjawab kepercayaan dari Shin Tae-yong. Dia bertekad memberikan kemampuan terbaiknya agar bisa mendapat kesempatan bermain di FIFA Matchday.

“Yang pertama pasti bersyukur. Di Timnas nanti, saya sendiri akan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dan berusaha untuk maksimal baik di latihan dan bertanding saat diberi kesempatan oleh pelatih,” ujar Wahyu Prasetyo.

Profil Wahyu Prasetyo

Sebagai informasi, Wahyu Prasetyo, atau yang kerap dijuluki Hulk, ini merupakan pesepak bola yang berasal dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dia tercatat lahir pada 21 Maret 1998. Kini, usianya telah menginjak 25 tahun.

Hulk sudah melewati sejumlah tempaan saat masih muda. Dia tercatat pernah berlatih bersama tim Porprov Kabupaten Kendal (2017), Puslat Kendal (2017), hingga menembus tim Pekalongan U-21.

Dari sanalah kiprahnya dilirik oleh Persik Kendal. Ketika masih berusia 19 tahun, Hulk bermain selama dua musim bersama klub asal Jawa Tengah itu. Setelah itu, dia dilirik klub Liga 2, Cilegon United.

Belakangan, klub ini telah berubah nama menjadi RANS Nusantara FC setelah diakuisisi oleh selebritas ternama di Tanah Air, yakni Raffi Ahmad.

Setelah itu, Hulk mendapatkan kesempatan untuk berkarier di kasta tertinggi setelah direkrut PSIS Semarang pada tahun 2020. Sayangnya, kiprahnya harus mengalami kendala karena saat itu terjadi pandemi Covid-19.

Meskipun demikian, Hulk bisa terus menampilkan performa yang konsisten bersama Mahesa Jenar. Pada musim 2021-2022, dia mencatatkan 30 penampilan di Liga 1. Musim berikutnya, Hulk mengukir 22 pertandingan.

Adapun pada musim ini, Hulk sudah menjadi andalan utama di lini tengah PSIS. Dia tercatat selalu tampil sebagai starter pada 10 pertandingan awal Mahesa Jenar di Liga 1 2023/2024. Dari semua aksinya itu, dia menyumbang satu assist.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More