Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Kabar soal kemungkinan Timnas Indonesia absen mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan AFF makin santer terdengar. Ini merupakan buntut laga final Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam U-23.

Beberapa saran sempat disampaikan, di antaranya oleh Presiden Madura United, Achsanul Qosasi. Ia menyebut Timnas Indonesia sebaiknya absen saja dari turnamen AFF jika Nguyen Hong Phuc tidak mendapat hukuman.

Hukuman yang dimaskud adalah aksi sikutan Nguyen Hong Phuc kepada bek Timnas Indonesia U-23, Haykal Alhafiz. Pemain Vietnam ini terlihat menyikut bagian kepala Haykal setelah berduel memperebutkan bola.

Terkini ada komentar dari Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, yang menyebut bakal mempertimbangkan ulang keikutsertaan Timnas Indonesia di berbagai turnamen garapan AFF.

Jika benar memilih absen dari turnamen Piala AFF dan turnamen-turnamen AFF lainnya, siapa saja yang berpotensi akan senang dengan keputusan Indonesia?

1. Malaysia

Tidak hadirnya Timnas Indonesia di turnamen AFF bakal membuat Malaysia kegirangan soal kondisi ini. Pasalnya, Indonesia sudah menjadi rival bebuyutan Malaysia di AFF.

Kehilangan satu rival berat bakal membuat Malaysia jalannya lebih mulus dalam menambah gelar juara di turnamen-turnamen AFF.

2. Vietnam

Dalam beberapa tahun terakhir, Vietnam sudah menjadi kekuatan besar di sepak bola Asia Tenggara. Bahkan, mereka bisa mematahkan dominasi Thailand.

Namun, langkah Vietnam juga kerap dijegal oleh Timnas Indonesia baik level senior maupun kelompok umur. Sebelum menang di final Piala AFF U-23 2023, Vietnam disingkirkan Timnas Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2023.

3. Thailand

Menjadi rival kuat dan bebuyutan Timnas Indonesia sejak lama, Thailand masih menyandang predikat sebagai penguasan sepak bola Asia Tenggara.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, prestasi Thailand di kelompok umur tidak terlalu bagus. Ini menjadi masalah regenerasi yang menjadi pekerjaan rumah buat mereka.

Dengan tidak hadirnya Timnas Indonesia di kejuaraan garapan AFF, Thailand tentu bisa lebih mudah untuk kembali mendominasi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More