Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore. [dok. PSSI]

Bolatimes.com - Daftar pemain Timnas Indonesia untuk melakoni laga uji coba internasional FIFA Matchday September 2023 kontra Turkmenistan masih belum diumumkan.

Namun, melihat aktivitas beberapa klub BRI Liga 1 di media sosial, bocoran terkait pemain mana saja yang dipanggil Shin Tae-yong sedikit banyak sudah bisa diketahui.

Borneo FC misalnya, mereka telah mengumumkan sebanyak tujuh pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan FIFA Matchday.

Dari level Timnas Indonesia U-23, empat pemain Borneo FC yang dipanggil Shin Tae-yong adalah Fajar Fathur Rahman, Daffa Fasya, Komang Teguh dan Taufany Muslihudin.

Pemain naturalisasi Stefano Lilipaly berlatih bersama skuad Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (13/6/2023), jelang laga kontra Palestina di FIFA Matchday pada 14 Juni 2023. [PSSI]

Sementara untuk Timnas Indonesia level senior, tiga pemain yang dipanggil juru taktik asal Korea Selatan itu adalah Stefano Lilipaly, Nadeo Argawinata dan Adam Alis.

Bagi Lilipaly dan Nadeo, pemanggilan ke tim nasional adalah hal lumrah. Hal itu berbeda dengan Adam Alis yang lebih jarang mendapat kesempatan untuk memperkuat tim Merah Putih.

Selain Borneo FC, Dewa United dan PSIS Semarang juga telah mengumumkan para pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia kontra Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023.

Tangsel Warriors, julukan Dewa United, mengumumkan bahwa dua pemain mereka telah dipanggil Shin Tae-yong yakni Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri.

Khusus Egy Maulana Vikri, pemanggilan ini jadi hal positif setelah dipinggirkan Shin Tae-yong dalam dua periode FIFA Matchday sebelumnya.

Egy dicoret ketika Timnas Indonesia U-23 dua kali menghadapi Burundi pada 25 dan 28 Maret lalu karena dikabarkan mengalami cedera kendati justru bermain saat Dewa United menghadapi Persib pada 20 Maret 2023.

Selepas itu, Shin Tae-yong juga tak lagi memanggil Egy ketika Timnas Indonesia menghadapi Palestina dan Argentina dalam laga FIFA Matchday Juni 2023 lalu.

Kini, Egy Maulana Vikri kembali ke skuad Garuda. Dia pun punya kesempatan untuk menambah capsnya di timnas senior yang sejauh ini sudah berjumlah 17 dengan torehan lima gol dan satu assist.

Sementara PSIS mengumumkan satu pemainnya dipanggil Timans Indonesia untuk FIFA Matchday. Dia adalah Wahyu Prasetyo.

"Pemain belakang PSIS, Wahyu "Hulk" Prasetyo berkesempatan bergabung di Timnas Indonesia untuk laga FIFA Matchday hadapi Turkmenistan pada 8 September 2023 di Surabaya," tulis PSIS Semarang di Instagram.

Bagi Wahyu, ini merupakan pemanggilan perdana ke Timnas Indonesia. Hal itu merupakan dampak dari performa apiknya dalam mengawal pertahanan PSIS Semarang di BRI Liga 1 2023-2024.

Selain nama-nama di atas, Shin Tae-yong juga dikabarkan telah memanggil empat pemain Persib Bandung. Hal itu berdasarkan surat pemanggilan pemain yang beredar dengan nomor 3310/AGB/497/VIII-2020.

Dalam surat tersebut, empat pemain yang dipanggil adalah Marc Klok, Rachmat Irianto, Edo Febriansyah, dan Ryan Kurnia. Khusus nama terakhir, ini akan menjadi debutnya di Timnas Indonesia andai surat pemanggilan yang beredar itu berisi informasi yang benar.

Bocoran Daftar Pemain Timnas Indonesia vs Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023

  • Adam Alis (Borneo FC)
  • Stefano Lilipaly (Borneo FC)
  • Nadeo Argawinata (Borneo FC)
  • Ricky Kambuaya (Dewa United)
  • Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang)
  • Marc Klok (Persib Bandung)
  • Rachmat Irianto (Persib Bandung)
  • Edo Febriansyah (Persib Bandung)
  • Ryan Kurnia (Persib Bandung)

Load More