Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Kiper Vietnam, Quan Van Chuan. (Twitter)

Bolatimes.com - Kiper Vietnam, Quan Van Chuan yang jadi pahlawan saat juara Piala AFF U-23 secara mengejutkan tak dipanggil untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Usut punya usut, ternyata ini penyebabnya,

Vietnam membagi dua timnya dalam agenda yang padat. Hoang Anh Tuan menangani tim untuk Piala AFF U-23 2023, sedangkan Philippe Troussier fokus ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Tim asuhan Hoang Anh Tuan berhasil meraih juara Piala AFF U-23 2023. Salah satunya berkat andil Quan Van Chuan yang tampil apik, salah satunya momen menepis tendangan penalti Ernando Ari sehingga menjadi juara.

Baca Juga:
Apes, Kiper Vietnam yang Gagalkan Penalti Ernando Ari Tak Dipanggil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Quan Van Chuan juga mendapatkan penghargaan individu berkat penampilannya. Ia dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala AFF U-23 2023.

Dari situasi itu, Philippe Troussier kemudian memanggil 10 pemain Vietnam untuk bergabung ke persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Sayangnya nama Van Chuan tidak dipanggil.

Ternyata bukan tanpa sebab kiper berusia 22 tahun itu tidak dipanggil. Hal itu karena Quan Van Chuan masih mendapatkan sanksi sesuai aturan AFC.

Baca Juga:
Bagas Kaffa Ungkap Kronologi Cedera saat Pemanasan Jelang Lawan Thailand, Kini Terancam Absen 3 Pekan

Di Piala Asia U-23 2022 lalu, Vietnam berhasil masuk ke perempatfinal dan menghadapi Arab Saudi. Di laga itu, mereka kalah dan Van Chuan mendapatkan kartu merah langsung.

"Sesuai aturan AFC, pemain yang mendapatkan kartu merah langsung akan dihukum dua pertandingan. Di babak perempatfinal, Van Chuan melakukan kesalahan dan harus meninggalkan lapangan lebih awal," tulis laporan Soha.vn disadur Senin (28/8/2023).

Setelah kekalahan itu, Vietnam tersingkir dan skorsin Van Chuan dialihkan ke turnamen internasional U-23. Alhasil jika ia dipanggil, maka Troussier tidak bisa memainkannya di dua pertandingan awal.

Baca Juga:
3 Fakta Menarik Arkhan Fikri, Pemain Terbaik Piala AFF U-23 2023

Adapun Vietnam akan bersaing melawan Singapura, Yaman, dan Guam di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan mulai 6-12 September 2023.

Load More